10 Cara Merawat Kuku Biar Tetap Cantik

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 6 Maret 2018

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan kamu. Kuku sehat biasanya berwarna putih dan sedikit merah muda. Kalau kamu melihat ada perubahan pada kuku kamu seperti perubahan warna, ketebalan atau bentuknya, maka kamu bisa konsultasi ke dokter.

Baca juga : 4 Masalah Kulit Pada Remaja

Ada 10 cara untuk merawat kuku agar tetap sehat dan cantik.

  1. Kamu harus selalu menjaga kebersihan kuku dan membiarkan kuku dalam keadaan kering. Kalau kamu tergolong orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, maka kuku kamu rentan terkena debu dan polisi. Maka, kamu harus pastikan untuk membersihkan kuku kamu biar tetap bersih.

  2. Gunting kuku secara rutin memakai gunting kuku yang tajam biar kuku kamu gak rusak. Kuku pendek lebih aman dibandingkan kuku panjang karena mempunyai resiko kecil untuk rusak ataupun terluka. Tapi, kamu juga perlu hati-hati ya biar gak memotong kuku terlalu pendek.

  3. Pakai nail file untuk membentuk kuku sekaligus menghaluskan ujung kuku.

  4. Hindari kebiasaan menggigit kuku ya karena bisa merusak kuku kamu

  5. Kamu mungkin biasa mencungkil benda atau membuka tutup kaleng minuman dengan kuku. Coba deh kamu mulai menghindari kebiasaan itu karena bisa membuat kuku kamu patah dan rusak.

  6. Kalau kuku kamu tebal dan sulit dipotong, kamu bisa merendam kuku kamu terlebih dahulu di air garam hangat. Kamu bisa mencampur satu sendok teh garam ke dalam 1 liter air dan rendam kuku kamu selama 5 – 10 menit.

  7. Kalau ada kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, jangan pernah mencungkilnya ya karena bisa menyebabkan infeksi. Kamu bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan.

  8. Pakai sepatu yang berukuran pas dengan kaki kamu sehingga gak membentur kuku.

  9. Pakai sendal atau alas kaki jika berada di tempat basah seperti kolam renang dan kamar mandi umum untuk menghindari infeksi jamur pada kuku.

  10. Jangan terlalu sering memakai cat kuku karena bahan kimia yang terkandung dalam cat kuku gak menempel langsung pada kuku kamu.

Kalau kamu menderita penyakit seperti diabetes atau sirkulasi darah yang buruk, kamu bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan mengatasi masalah pada kuku kamu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas