3 Efek Negatif Obat Tidur

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Jumat, 5 Januari 2018

Mengonsumsi obat tidur mungkin bisa jadi salah satu solusi buat kamu yang sering mengalami insomnia dan gangguan tidur lainnya. Beberapa menit setelah kamu mengonsumsi obat tidur, kamu pun akan merasa ngantuk dan tidur nyenyak.

Walaupun mengonsumsi obat tidur diperbolehkan, tapi bukan berarti obat tidur gak punya efek samping dan resiko buat tubuh kamu. Tubuh kamu mungkin gak bisa ngomong kalau obat tidur yang kamu konsumsi memberikan efek negatif.

Jadi, penting banget nih untuk tahu terlebih dahulu efek samping dari mengonsumsi obat tidur sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

Tubuh kamu menjadi resisten terhadap obat

Saat kamu memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur khususnya dalam waktu yang lama, kondisi tersebut membuat tubuh kamu menjadi resisten terhadap obat dan terbiasa dengan obat tersebut.

Saat pertama kali mengonsumsinya, kamu mungkin memakai dosis rendah. Tapi, seiring berjalannya waktu, kamu akan memakai dosis yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi untuk pemakaian berikutnya.

Baca juga : Kenapa Insomnia?

Saat kamu mengonsumsi obat tidur dalam dosis tinggi, kamu bisa aja mengalami sesak nafas saat tidur yang juga bisa berujung pada kematian. Kalau kamu mau mengonsumsi obat tidur, kamu sebaiknya gak mengonsumsinya lebih dari 2 minggu.

Kamu boleh aja kok mengonsumsi dalam jangka pendek aja, tapi kamu sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi dalam jangka panjang.

Mudah ngantuk saat menyetir

Sebuah penelitian kesehatan terbaru menunjukkan kalau saat kamu mengonsumsi obat tidur di malam hari, maka kemungkinan besar kamu masih bisa merasakan efeknya di pagi hari khususnya saat kamu menyetir.

Kalau kamu memang ingin mengonsumsi obat tidur di malam hari, kamu sebaiknya mengonsumsi dengan dosis rendah dan ikuti petunjuk resep atau konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Berprilaku Aneh

Jenis obat tidur benzodiazepines seperti triozolam memberikan efek samping seperti tidur lebih nyenyak dan amnesia.

Saat kamu terbangun di pagi hari, kamu mungkin merasa lupa atau gak sadar kamu sedang berada dimana. Saat kamu mulai merasakan hal-hal aneh terjadi setelah kamu mengonsumsi obat tidur, maka kamu sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Bahkan, sebuah penelitian seperti dilansir everydayhealth.com menyebutkan kalau orang yang mengonsumsi obat tidur mempunyai resiko lebih tinggi untuk terserang kanker dan meninggal.

Baca juga : Apakah Antibiotik itu Obat?

Pemakaian obat tidur memang terkadang bersifat adiktif bagi beberapa orang, sehingga membuat mereka sulit berhenti mengonsumsinya. Jadi, dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu tentang cara penggunaan dan dosis penggunaannya untuk mengurangi efek negatif yang ditimbulkan.  

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas