3 Penyakit "Aneh" yang Membuat Dokter Bingung

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 12 Januari 2018

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa penyakit aneh yang sulit diterima dengan akal sehat. Penyakit aneh tersebut biasanya gak berhubungan dengan gejala penyakit pada umumnya yang membuat dokter dan pasien merasa bingung.

Beberapa penderita penyakit aneh merasakan gejala-gejala yang seringkali gak bisa dideteksi dengan tes kesehatan sehingga membuat dokter merasa bingung untuk memberikan obat yang tepat.

Yuk, cari tahu 3 penyakit aneh yang masih dibutuhkan penelitian medis lebih lanjut.

Kelelahan Adrenal

Apakah kamu sering insomnia dan susah tidur? Kondisi tersebut sering dihubungkan dengan kelelahan adrenal. Selain itu, gejala lainnya seperti mudah lelah, nyeri pada bagian tubuh tertentu, gangguan pencernaan, dan mudah gelisah juga sering dihubungkan dengan kelelahan adrenal.

Kelelahan adrenal disebabkan respon tubuh kamu saat kamu stres sehingga membuat kelenjar adrenal gak bisa melepaskan kortisol.

Tapi, banyak dokter yang gak setuju nih kalau mudah lelah dan beberapa gejala tersebut dikaitkan dengan kelelahan adrenal. Para dokter tersebut berpikir kalau gejala-gejala tersebut mungkin disebabkan kondisi serius lainnya misalnya kamu sedang menderita penyakit tertentu.

Penyakit Lyme Kronis

Lyme kronis atau juga biasa disebut sindrom penyakit Lyme paska terapi adalah penyakit yang ditandai dengan gejala seperti mudah lelah dalam waktu yang lama, nyeri sendi, nyeri otot, dan gangguan tidur.

Kamu mungkin pernah merasakan gejala-gejala tersebut tapi kamu lagi gak terinfeksi penyakit apapun.

Beberapa dokter menyimpulkan gejala tersebut bisa disebabkan adanya kerusakan pada jaringan atau sistem kekebalan tubuh kamu lagi menurun. Kamu mungkin disarankan untuk mengonsumsi antibiotik untuk meringankan gejala tersebut walaupun diagnosis medisnya belum jelas.

Hipersensitivitas Elektromagnetik

Gejala kondisi ini mungkin sering dialami kamu yang sering bermain gadget. Penderitanya biasanya merasakan gangguan dermatologis seperti kemerahan pada kulit, merasakan sensasi terbakar, jantung berdebar lebih cepat, dan mual akibat radiasi elektromagnetik gadget kamu atau Wi-Fi.

Tapi, World Health Organization (WHO) gak mengakui kondisi ini sebagai sebuah penyakit loh.

Dr. Jonathan Pham dari Imperial College, London berpendapat kalau kondisi tersebut mungkin bisa disebabkan beberapa faktor lainnya seperti faktor psikologis sehingga masih dibutuhkan penelitian medis lebih lanjut nih sebelum menyimpulkan kondisi tersebut adalah sebuah penyakit.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : today.mims.com

 

Kembali ke Atas