4 Alasan Kenapa Nyeri Panggul

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Senin, 8 Januari 2018

Nyeri di panggul saat menstruasi mungkin masih normal. Tapi, kalau kamu merasakan nyeri panggul lebih dari 6 bulan, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter.

Kondisi tersebut bisa disebabkan beberapa faktor dimana dokter harus tahu riwayat kesehatan kamu dulu sebelum mendiagnosis. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kamu nyeri panggul, seperti :

Endometriosis

Endometriosis adalah masalah kesehatan yang biasanya menyerang perempuan. Kondisi ini disebabkan jaringan endometrium kamu tumbuh di tempat yang gak seharusnya seperti ovarium, tuba falopi, dinding luar rahim, usus, atau organ lainnya di sekitar perut kamu.

Baca juga : Perubahan Mr.P Seiring Bertambahnya Usia

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi, berhubungan seksual, atau buang air besar. Kalau kamu juga merasakan nyeri saat kencing dan sering sembelit, maka kamu perlu waspada karena hal ini mungkin disebabkan adanya fibroid, sejenis tumor jinak di rahim kamu.

Sindrom Iritasi Usus Besar

Kemungkinan ini disebabkan letak usus besar kamu yang berdekatan dengan pangul kamu. Kalau kamu juga merasakan gejala sering kembung, sering kentut, diare, dan terdapat lendir pada kotoran kamu, maka kamu mungkin saja terserang Sindrom Iritasi Usus Besar.

Infeksi Kandung Kemih (Cystitis)

Nyeri di panggul yang disertai kondisi sering kencing tapi kencing yang keluar hanya sedikit  kemungkinan besar disebabkan infeksi kandung kemih.

Penyebabnya infeksi kandung kemih masih dibutuhkan penelitian medis lebih lanjut, namun beberapa penelitian menyebutkan kalau kondisi ini mungkin disebabkan adanya gangguan pada lapisan pelindung kandung kemih kamu. Kondisi ini juga menyebabkan kamu merasakan sakit saat berhubungan seksual.

Disfungsi Dasar Panggul

Kalau kamu merasakan nyeri panggul disertai dengan keinginan untuk selalu kencing dan buang air besar, maka kemungkinan kamu terserang disfungsi dasar panggul. Kondisi ini sering dialami perempuan setelah melahirkan.

Kondisi ini disebabkan dasar panggul kamu lemah sehingga menyebabkan organ-organ panggul seperti kandung kemih dan rektum turun dari tempat yang seharusnya. Kondisi ini memang gak menyebabkan kematian, tapi bisa menghambat aktivitas kamu dan menyebabkan kecacatan kalau gak segera diobati.

Baca juga : Apa Tujuan Operasi Plastik?

Kamu bisa mengatasi disfungsi dasar panggul dengan melakukan senam kegel minimal 10 kali dalam sehari selama 3 bulan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul kamu.

Jadi, penting banget untuk rutin konsultasi ke dokter kalau kamu merasakan gejala aneh di sekitar panggul kamu sebelum terlambat.

 

 

 

 

 

 

sumber : www.health.com

Kembali ke Atas