4 Cara Mengatasi Iritasi Mrs.V karena Pembalut

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 26 Februari 2018

Saat menstruasi, perempuan selalu memakai pembalut. Pada umumnya, pembalut yang beredar di pasaran terbuat dari bahan plastik dan kapas. Tapi, ada beberapa produk pembalut yang gak murni terbuat dari kapas, melainkan campuran dari bahan-bahan lain.

Bahan-bahan yang dipakai memakai zat kimia jenis klorin untuk memutihkannya. Standar kadar klorin pada pembalut yang diperbolehkan di Amerika adalah Elemental Chlorine-free yang artinya kadar klorin pada pembalut harus sangat rendah. Kadar klorin yang tinggi bisa menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit kamu.

Baca juga : Mrs.V Gatal? Awas Trikomoniasis!

Selain mengandung zat kimia klorin, beberapa pembalut juga mengandung bahan pewangi dan pewarna. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan alergi buat kamu yang mempunyai kulit sensitif.

Kalau kamu udah merasakan alergi di daerah Mrs. V karena pembalut, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

Ganti Pembalut

Kalau kamu udah mulai merasakan gatal atau tanda-tanda alergi di daerah Mrs. V, kamu mungkin saja memakai pembalut yang mengandung bahan kimia atau bahan pewarna yang berbahaya buat kulit kamu. Kamu harus segera mengganti pembalut yang kamu pakai dengan pembalut yang terbuat dari kapas murni sehingga bisa menyerap cairan dan menjaga Mrs. V kamu tetap kering.

Konsultasi ke Dokter

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah segera konsultasi ke dokter untuk tahu apakah gejala kulit sensitif yang kamu rasakan berasal dari pembalut yang kamu pakai atau karena masalah lainnya.

Jangan pernah melakukan pengobatan apapun tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mencegah hal negatif lainnya. Dokter mungkin memberikan salep anti radang untuk mengurangi resiko alergi pada kulit kamu. Kamu juga bisa mengkompres bagian yang teriritasi dengan air hangat untuk meredakan nyeri.

Jaga Kebersihan Area Mrs. V

Kamu harus selalu menjaga kebersihan area Mrs. V saat menstruasi dengan mengganti pembaut setiap 3 – 4 jam sekali. Kamu juga harus mengeringkan area Mrs.V dan sela paha setelah mandi atau buang air. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur karena area Mrs. V yang lembab saat mensturasi.

Memakai Celana Dalam Longgar

Gunakan celana dalam yang agak longgar dan berbahan katun untuk menjaga area Mrs. V tetap kering. Celana dalam yang ketat bisa menghambat penyerapan keringat sehingga bisa membuat area Mrs. V menjadi lembab.

Baca juga : 5 Tips agar Mrs.V Sehat

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas