4 Manfaat Berhubungan Seksual

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Selasa, 23 Januari 2018

Perlu diingat bahwa healthy people hanya boleh berhubungan seksual dengan pasangan halal saja ya. Faktanya, berhubungan seksual juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan kamu, loh.

Buat kamu yang sibuk, coba deh luangkan waktu sejenak bersama pasangan sehingga kamu bisa mendapatkan beberapa manfaatnya seperti meningkatkan mood kamu bahkan jug bisa mengurangi resiko terserang kanker.

Sandra L. Caron, Ph.D, seorang terapis seksual dan Profesor di University of Maine’s College of Education and Human Development berpendapat kalau berhubungan seksual bisa memberikan banyak manfaat buat tubuh kamu.

Kamu pun gak perlu mencapai tahap orgasme untuk mendapatkan manfaat tersebut. haiDokter udah merangkum nih 4 manfaat berhubungan seksual.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Berhubungan seksual sama halnya dengan olahraga yang bisa membuat jantung kamu lebih sehat. Sebuah penelitian kesehatan yang diterbitkan di American Journal of Cardiology tahun 2015 menyebutkan kalau pria yang melakukan hubungan seksual setidaknya 2 kali seminggu mempunyai resiko lebih kecil untuk terserang penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung dibandingkan pria yang hanya melakukan hubungan seksual sekali dalam sebulan.

Baca juga : Heat Stroke Saat Suhu Tubuh Kamu Meningkat

Sebuah penelitian kesehatan lainnya yang diterbitkan di jurnal PloS One juga menyebutkan kalau berhubungan seksual sama dengan membakar rata-rata 4 kalori per menit pada peria dan membakar 3 kalori per menit pada perempuan.

Mengurangi Rasa Nyeri saat Menstruasi

Buat perempuan yang biasanya merasakan nyeri atau kram saat menstruasi, coba deh kamu mulai rutin berhubungan seksual dengan pasangan kamu.

Sebuah penelitian kesehatan seperti dilansir everydayhealth.com menyebutkan kalau rasa nyeri dan kram saat menstruasi bisa berkurang saat kamu mencapai tahap orgasme dengan sempurna.

Baca juga : Berlari Pas Menstruasi, Boleh gak ya?

Meredakan Stres

Berhubungan seksual juga bisa membantu meredakan stres karena saat berhubungan seksual hormon endorfin kamu meningkat.

Saat berhubungan seksual, kegiatan tersebut juga bisa menenangkan kamu dan pasangan kamu. Jadi, gak heran nih kalau kamu bisa merasakan bahagia setelah berhubungan seksual.

Tidur Lebih Baik

National Sleep Foundation menyebutkan kalau orgasme bisa membantu pelepasan hormon prolaktin yang bisa membantu kamu merasa lebih rileks saat tidur. Saat kamu bangun pun, kamu akan merasa lebih segar.

 

 



 

Sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas