4 Mitos Salah dan Fakta HIV/AIDS

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Selasa, 5 Desember 2017

1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Selama ini, kamu mungkin menganggap kalau HIV dan AIDS itu sama. Faktanya, HIV dan AIDS itu beda. Apa sih bedanya?

HIV adalah virus yang hidup dalam darah manusia, cairan seksual (misalnya sperma), dan air susu ibu.  Virus ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu, sehingga tubuh kamu mengalami kesulitan untuk melawan kuman, virus, jamur, dan  bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Virus HIV menyebar terutama melalui kontak seksual (tanpa kondom) dan jarum suntik. Sedangkan AIDS adalah sekumpulan gejala (kondisi) dimana sistem kekebalan tubuh kamu gak bisa bekerja lagi akibat virus HIV, atau dikatakan, fase akhir (final stage) dari HIV yang akhirnya menjadi AIDS.

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang penularan virus HIV. haiDokter uda merangkum nih 4 mitos tentang HIV dan AIDS.

Gigitan nyamuk bisa menularkan virus HIV

Virus ini bisa menyebar melalui darah, sehingga beberapa orang khawatir kalau gigitan nyamuk bisa menularkan virus HIV. Penelitian kesehatan menunjukkan kalau gigitan nyamuk gak bisa menyebabkan AIDS walaupun nyamuk tersebut hidup di daerah yang banyak kasus AIDS. Virus HIV gak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia, jadi kamu gak perlu khawatir lagi untuk kontak langsung dengan penderita AIDS

Perlu diketahui juga kalau HIV gak bisa hidup dalam air liur, air mata, kencing, ataupun keringat. Jadi, virus ini gak bisa menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh tersebut.

Faktanya, virus HIV bisa menyebar jika kamu kontak langsung dengan darah penderita AIDS seperti transfusi darah, hubungan seksual, dan seorang ibu yang menyebarkan HIV ke anaknya selama masa proses kelahiran saat bayi terkontaminasi darah melalui ASI.

Kamu bisa tertular HIV jika berada di sekitar orang yang menderita AIDS

Mulai sekarang kamu gak perlu khawatir lagi untuk berinteraksi dengan penderita AIDS karena faktanya virus HIV gak bisa menyebar melalui :

  • Udara

  • Pelukan

  • Ciuman

  • Berbagi peralatan makanan atau minuman

AIDS bisa disembuhkan melalui konsumsi obat-obatan

Faktanya, sampai saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengobati AIDS. Antiretroviral drugs atau ART hanya bisa memperpanjang harapan hidup penderita AIDS untuk bisa hidup lebih produktif dan normal seperti orang lain tapi gak bisa menyembuhkan.

HIV gak akan menyebar jika menggunakan kondom

Menggunakan kondom memang bisa menurunkan resiko tertular virus HIV tapi kamu juga perlu hati-hati karena ada beberapa jenis kondom yang gak bisa melindungi seutuhnya. Kamu sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seksual.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.haidokter.com

Kembali ke Atas