4 Penyakit Paling Mematikan di Dunia

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Selasa, 23 Januari 2018

Selama ini, peneliti kesehatan terus mengembangkan teknologi dan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit di dunia. Di dunia ini sendiri banyak jenis penyakit yang mungkin belum terdeteksi dan ditemukan obatnya.

Tapi, banyak juga penyakit yang mampu disembuhkan. Seiring berkembangnya teknologi kesehatan, bakteri dan virus juga berkembang, bermutasi, dan beradaptasi dengan obat dan teknologi kesehatan yang udah dikembangkan oleh para peneliti kesehatan.

Suatu penyakit juga bisa menjadi ancaman untuk masyarakat kalau penyakit itu muncul dan menyerang seluruh lapisan masyarakat. haiDokter udah merangkum nih 4 penyakit paling mematikan sepanjang sejarah kesehatan.

Malaria

Malaria adalah salah satu penyakt tertua di dunia yang telah ada sejak 20 juta tahun lalu. Penyakit malaria juga ada di hampir 100 negara dan hampir separuh populasi manusia di dunia mempunyai resiko untuk terinfeksi malaria.

Di tahun 2012, 207 juta orang di dunia terinfeksi malaria dan hampir 0.3% penderita meninggal dunia. WHO sendiri udah melakukan berbagai cara untuk terus mengurangi resiko terinfeksi malaria yang biasanya dilakukan dengan cara penyemprotan memakai insektisida.

HIV

HIV masih menjadi penyakit yang paling menakutkan di dunia. Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1981, HIV telah menginfeksi sekitar 75 juta orang di dunia dan 36 juta penderita telah meninggal dunia.

Baca juga : 4 Mitos Salah Dan Fakta HIV/AIDS

Para peneliti kesehatan terus berinovasi untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan HIV. Sampai sekarang, para penderita HIV hanya mengonsumsi obat antivirus yang bisa membuat mereka hidup normal seperti orang lainnya.

Campak

Baru-baru ini, campak telah menyebabkan puluhan warga papua meninggal dunia. Campak adalah penyakit yang disebabkan virus. Untuk mencegah terinfeksi campak, kamu harus mendapatkan vaksin. Walaupun telah ada vaksin yang aman, kenyataannya campak masih menjadi penyakit paling mematikan terutama pada anak-anak.

Baca juga : Fakta Vaksin Palsu

SARS

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pertama kali menyerang provinsi Guangdong, Cina pada November 2002. Walaupun sekarang penyakit ini telah sepenuhnya dimusnahkan, tapi SARS pernah menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Dalam waktu lebih dari satu tahun setelah kemunculannya, SARS telah menginfeksi sekitar 8000 orang di seluruh dunia dan membunuh sekitar 700 lebih penderitanya.

 

 

 

 

 

Sumber : www.mims.com

Kembali ke Atas