4 Penyakit yang Hampir Punah

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 22 Februari 2018

Terobosan teknologi kesehatan terbaru udah mampu mengurangi perkembangan beberapa penyakit. Seperti dilansir laman Mims, ekspektasi usia meningkat sebesar 119% dari usia 32 tahun pada awal tahun 1800an menjadi 70 tahun pada tahun 2012.

Kondisi tersebut menyebabkan beberapa penyakit terancam punah dan ada beberapa penyakit yang telah dinyatakan punah, seperti:

Smallpox (Variola)

Penyakit ini ditandai dengan gejala ruam di sekujur tubuh pasien dan masa inkubasi yang relatif singkat. Hal ini bisa membantu dokter untuk mendeteksi lebih awal sekaligus memberikan pengobatan sesegera mungkin.

Baca juga : Waspada Penyakit ini Selama Banjir

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), smallpox (variola) telah dinyatakan punah. Korban terakhir yang terinfeksi adalah Pharaoh Ramses V pada tahun 1980. Pencapaian tersebut adalah hasil kerja keras pada ahli kesehatan dan penemuan terbaru di bidang kesehatan.

Poliomyelitis

Polio bisa dicegah dengan memberikan vaksin polio. 80% anak di dunia udah mendapatkan vaksin polio sehingga bisa mengurangi resiko penyebaran polio yang lebih tinggi.

Angka pasien yang terserang polio pun telah turun yaitu 350.000 kasus di tahun 1988 menjadi 37 kasus saja pada tahun 2016. Sampai saat ini, hanya ada 3 negara yang masih terdapat penyakit polio yaitu Nigeria, Pakistan, dan Afghanistan.

Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Malaria telah ada sejak 20 juta tahun lalu dan tersebar hampir di 100 negara. Seiring berjalannya waktu, angka pasien yang terinfeksi malaria terus menurun yaitu 438.000 kasus pada tahun 2015 dari 839.700 kasus pada tahun 2000.

Campak

Campak adalah salah satu penyakit menular yang bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Sebelum adanya vaksin campak, 90% anak-anak di dunia tersrang penyakit ini sebelum usia 15 tahun. Oleh karena itu, para ahli kesehatan terus berinovasi dan memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk melakukan vaksin campak.

Kasus campak udah mengalami penurunan sebesar 75& sejak tahun 2000. WHO terus meberikan sosialisasi untuk melakukan vaksin campak secara global untuk mencapai target dunia bebas penyakit campak di tahun 2020.

Walaupun hampir semua penyakit hampir punah dan bisa dikontrol dengan adanya vaksin dan pengobatan modern, namun para ahli kesehatan masih khawatir resistensi bakteri ataupun virus penyakit terhadap vaksin.

Jadi, penting banget buat Healthy People untuk melakukan vaksin sedini mungkin dan menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi resiko terinfeksi bakteri atau virus penyakit.

Baca juga : Autoimun, Penyakit 1000 Wajah

 

 

 

 

 

Sumber : www.mims.com

Kembali ke Atas