5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksin HPV

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 13 Maret 2018

Seperti dilansir laman Perdoski, angka kasus kanker serviks di Indonesia mencapai 15.000 – 21.000 kasus setiap tahunnya. Fakta ini membuat kanker serviks mejadi penyebab kematian nomor 1 buat perempuan di Indonesia dan menjadi pembunuh nomor 2 di dunia.

Setiap perempuan bisa beresiko terserang kanker serviks sehingga kamu harus tahu cara pencegahannya. Salah satu cara pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah vaksin HPV. Tapi, kamu harus memperhatikan 5 hal di bawah ini sebelum melakukan vaksin HPV.

Baca juga : Perlukah Pria Vaksin HPV?

Kapan Waktu Terbaik untuk Menerima Vaksin?

Vaksin HPV diberikan pada semua perempuan yang berusia 12 tahun dan lebih khususnya buat perempuan yang belum aktif secara seksual. Vaksin HPV diberikan 3 kali tanpa membutuhkan skrining apapun.

Pasangan yang Akan Segera Menikah

Vaksin HPV juga diberikan 1 kali sebelum kamu aktif secara seksual. Oleh karena itu, vaksin ini harus diberikan pada perempuan yang akan segera menikah dan bisa dilanjutkan sesuai jadwal. Pemberian vaksin juga dilakukan secara langsung tanpa harus menjalani pemeriksaan awal.

Masih Harus Vaksin HPV Walaupun Udah Pap Smear

Melakukan Pap Smear setiap tahun adalah langkah untuk mengurangi resiko terserang kanker serviks. Tapi, bukan berarti kamu gak membutuhkan vaksin HPV secara total.

Kamu masih tetap memerlukan vaksin HPV karena virus HPV bisa menginfeksi kamu kapan saja dan dimana saja. Pemberian vaksin HPV bertujuan untuk mencegah infeksi. Buat kamu yang udah terinfeksi, pemberian vaksin ini gak bisa menyembuhkan infeksi.

Resiko Alergi

Ada dua jenis vaksin HPV yang mengandung 2 atau 4 tipe virus HPV dimana masing-masing jenis vaksin HPV bisa melindungi kamu dari tipe virus HPV. Virus HPV bisa menyebabkan kutil kelamin atau tipe virus yang bisa menyebabkan kanker serviks.

Semua jenis vaksin tersebut bisa menimbulkan alergi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk tahu kondisi kesehatan kamu.

Efek Samping Setelah Vaksin HPV

Efek samping yang muncul setelah pemberian vaksin HPV diantaranya menimbulkan rasa nyeri, bengkak, dan kulit bekas suntikan menjadi kemerahan. Bahkan, ada beberapa perempuan juga mengalami demam. Tapi, kamu jangan khawatir karena efek samping tersebut hanya bersifat sementara.

Baca juga : Manfaat Sunat buat Kesehatan

 

 

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas