5 Jenis Teh dan Manfaat Buat Tubuh

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Sabtu, 25 November 2017

Siapa yang gak kenal dengan teh. Minuman ini dikenal bisa menenangkan kamu sekaligus bermanfaat buat kesehatan kamu. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis teh dan setiap jenis teh mempunyai manfaat yang beda juga loh. Perbedaan itu berdasarkan cara teh tersebut diproses.

Teh Hitam

Warna hitam terbuat dari daun teh yang telah sepenuhnya teroksidasi. Perubahan kimiawi telah menyebabkan daun teh menjadi layu dan berwarna hitam. Teh hitam bisa membuat kamu yang mempunyai riwayat penyakit jantung karena teh hitam bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu,, teh hitam juga bisa membantu meningkatkan energi kamu khususnya buat kamu yang mempunyai aktivitas padat karena teh hitam mengandung kafein lebih tinggi dibandingkan teh hijau.

Teh Hijau

Teh hijau mungkin mudah kamu temukan karena teh jenis ini memang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Teh hijau hanya melewati satu kali penyaringan dan gak teroksidasi sehingga warna hijau pun masih bisa dipertahankan. Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang bisa membantu mencegah terserang penyakit tertentu. Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang bisa membantu mengurangi terserang penyakit kardiovaskular, membantu menurunkan kadar kolsterol, dan membantu mengurangi resiko terserang kanker payudara.

Teh Putih

Nah...jenis teh ini mungkin ocock buat kamu yang lagi diet nih karena teh putih bisa membantu menurunkan berat badan. Warna putih disebabkan dalam prosesnya daun teh gak mengalami proses pengeringan dan gak teroksidasi seperti jenis teh lainnya sehingga teh jenis ini mempunyai kadar polifenol lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya. Teh putih didapat dari pucuk daun muda atau yang masih kuncup. Selain cocok untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, teh putih juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah terserang kanker.

Teh Kombucha

Kamu pernah tahu teh jenis ini? Teh kombucha atau juga dikenal dengan teh jamur karena prosesnya yang difermentasi memakai gula, starter mikroba atau bakteri, dan ragi. Oleh sebab itu, teh kombucha bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kamu. Tapi, buat kamu yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, teh jenis ini mungkin bisa menyebabkan infeksi pada perut kamu dan kamu juga bisa mengalami alergi karena teh ini.

Teh Oolong

Teh oolong adalah teh tradisional masyarakat China. Teh ini terbuat dari tanaman Camellia Sinensis, jenis teh yang juga dipakai untuk memproduksi teh hijau dan teh hitam. Perbedaannya hanya proses pembuatannya. Kalau teh hitam sepenuhnya teroksidasi, teh hijau gak teroksidasi, maka teh oolong mengalami semi oksidasi. Teh oolong dipercaya bisa membantu mencegah terserang penyakit diabetes dan membantu menjaga kesehatan jantung kamu.

 

 

 

 

 

 

sumber : www.health.com

Kembali ke Atas