5 Tanda Kurang Tidur, Mulai Peka Yuk!

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 7 November 2017

Berapa lama kamu tidur? Para pakar kesehatan menganjurkan untuuk tidur 7 – 9 jam sehari. Kurang tidur atau tidur terlalu lama bisa memberikan efek negatif pada badan kamu, loh dimana salah satunya adalah berat badan kamu naik. Jadi, kamu harus tahu nih beberapa tanda yang diberikan oleh tubuh kamu kalau kamu kurang tidur.

Muncul Jerawat

source : www.noragouma.com

Nah...kalau kamu punya jerawat banyak, coba diingat lagi deh berapa lama kamu tidur. Kurang tdur bisa membuat sistem kekebalan kamu menurun jadi bisa membuat kamu gampang sakit dan membuat kulit kamu juga gak sehat. Kondisi kulit yang gak sehat bisa menyebabkan jerawat mudah tumbuh dan munculnya keriput. Gak mau dong keriput di usia muda?

Mata kamu gak sehat

source : www.prevention.com

Kurang tidur juga terlihat dari mata kamu, loh Healthy people. Mata kamu jadi merah, bengkak, dan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata kamu.  

Berat badan naik

source : img.purch.com

Sadar gak sih kalau tanda kurang tidur adalah berat badan kamu naik. Kalau kamu tidur cukup, tubuh kamu mampu mengendalikan hormon yang berhubungan dengan rasa lapar, jadi kamu gak bakal sering makan. Nah...kalau kau kurang tidur, kamu bakal melahap apa saja dan mudah lapar.  Selain itu, kamu akan lebih sering mengonsumsi junk food karena kamu cenderung ingin mengonsumsi cemilan dan makanan gak sehat.

Moody

source : i.telegraph.co.uk

Siapa nih yang suka moody? Moody adalah tanda kamu kurang tidur, loh. Sebuah penelitian menunjukkan kalau kamu kurang tidur, kamu jadi mudah stres, marah, dan lelah. Hal tersebut bisa mengganggu hubungan kamu dengan teman ataupun kerabat kamu bahkan juga bisa mengganggu aktivitas kamu. Kurang tidur juga bisa membuat kamu susah konsentrasi dan menurunkan daya ingat.

Kondisi kesehatan buruk saat bangun

source : www.rd.com

Pernah gak sih kamu bangun tidur dengan keadaan sakit tenggorokan, bibir kering, atau pusing? Nah..itu bisa jadi tanda kalau kamu kurang tidur. Tapi, kalau kamu sering mengalami kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter ya.

Solusinya mudah kok Healthy people. Kita harus tidur cukup 7 – 9 jam per hari untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Pastikan kamar kamu sejuk, tenang, dan gelap karena penelitian menunjukka kalau ruangan yang mendapatkan cahaya yang kurang bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga untuk kesehatan jantung dan organ tubuh kamu lainnya sehingga tidur kamu pun lebih nyenyak.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas