5 Tips agar Mrs. V Sehat

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Yusri Dinuth - Selasa, 21 November 2017

Buat perempuan nih, mulai sekarang kita harus lebih peduli nih sama kesehatan Mrs. V. Kamu mungkin masih bingung dengan istliah Mrs. V sehat itu gimana sih? Walaupun semua itu bergantung pada faktor usia, tapi umumnya Mrs.V mempunyai pH asam yang bisa membantu mencegah infeksi. Nah...kamu harus mulai menjaga kesehatan Mrs. V kamu ya untuk menghindari gejala-gejala Mrs. V gak sehat seperti mengeluarkan bau dan keputihan dengan melakukan beberapa cara berikut.

Menyeimbangkan pH Mrs. V tanpa Douching

Kamu harus tahu dulu apa itu douching. Douching adalah membilas Mrs.V dengan menyemprotkan air atau cairan lainnya ke dalam Mrs.V. Douching bisa mengganggu kadar pH Mrs. V kamu dimana pH normal sekitar 3.8 – 4.5. Selain itu, douching juga bisa membunuh bakteri Mrs. V yang berperan mencegah infeksi.

Sebagian besar perempuan melakukan douching untuk menghilangkan bau gak sedap pada Mrs.V, tapi faktanya douching hanya mampu mengurangi bau tanpa tahu apa penyebab bau tersebut. Kalau Mrs. V kamu semakin bau setelah douching, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter. Selain itu, hindari penggunaan sabun untuk membersihkan Mrs. V karena juga bisa mempengaruhi keseimbangan kadar pH.

Menerapkan Diet Sehat

Kamu mungkin gak sadar kalau diet sehat juga mempengaruhi kesehatan Mrs.V kamu, loh. Diet sehat bukan berarti kamu mengurangi asupan nutrisi kamu, tapi kamu harus menyeimbangkan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh kamu sekaligus mengonsumsi cukup air. Selain bermanfaat untuk kesehatan Mrs. V, diet sehat juga kunci kesehatan sistem reproduksi kamu. Salah satu contoh makanan yang bisa kamu konsumsi saat diet adalah yogurt. Yogurt bisa mencegah infeksi jamur pada Mrs. V.

Baca : Makanan Gula yang Baik dan Gak Baik Dikonsumsi

Menggunakan kondom

Cara lainnya adalah menggunakan kondom saat berhubungan seksual bersama pasangan. Kondom bisa melindungi kamu dari Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti HIV dan herpes. Pastikan kondom yang kamu pakai gak kadaluarsa dan gak sobek untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam Mrs. V kamu.  

Baca : Jenis dan Cara Pakai Kondom

Pengobatan Saat Infeksi

Ada tiga jenis infeksi Mrs. V yaitu infeksi jamur, vaginosis bakterialis, dan trikomoniasis. Saat terserang infeksi jamur, jangan panik. Kamu hanya perlu konsultasi ke dokter untuk segera mendapatkan obat infeksi jamur. Gejala infeksi jamur biasanya akan hilang setelah kamu mengonsumsi obat. Sedangkan kalau kamu terserang vaginosis bakterialis dan trikomoniasis, kamu harus segera konsultasi ke dokter karena 2 jenis infeksi tersebut bisa menyebabkan penyakit reproduksi lainnya kalau gak mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

Baca : Mrs. V Gatal? Awas Trikomoniasis!

Pastikan Mrs. V tetap kering

Kamu harus pastikan kalau Mrs. V tetap kering dengan rutin mengganti celana dalam. Gunakan pakaian dalam yang bisa membuat kondisi Mrs. V tetap hangat dan kering.  

Baca : Berapa Kali Kamu Ganti Celana Dalam?

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas