6 Fakta Unik Bayi Baru Lahir

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 8 November 2017

Kelahiran bayi adalah momen yang paling ditunggu dalam sebuah keluarga. Siapa sih yang gak gemas saat melihat tingkah lucu bayi, jari-jari mungil bayi, ataupun saat bayi menangis dan tertawa. Tapi, kita mungkin belum memahami bayi sepenuhnya, loh khususnya buat kamu yang baru melahirkan anak pertama. Jadi, kamu harus tahu nih beberapa fakta unik tentang bayi biar kamu gak kaget.  

Fakta pertama yang harus kamu tahu adalah feses bayi yang baru lahir itu gak bau loh. Hal ini disebabkan feses bayi hanya terdiri dari lendir, cairan dari rahim, dan zat-zat yang dicerna bayi saat berada dalam perut ibu. Nah..dalam feses bayi yang baru lahir belum ada nih bakteri usus yang menimbulkan bau busuk. Saat bayi uda minum ASI, mulai deh fesesnya menimbulkan bau karena bakteri usus mulai masuk ke dalam usus mereka. Setelah satu atau 2 hari pasca menyusui, feses bayi pun berwarna hijau, kuning, atau kecoklatan.

source : www.meetdoctor.com

Fakta kedua adalah terkadang bayi kamu berhenti bernafas. Oops...jangan kaget dulu Healthy people karena keadaan ini masih terbilang normal loh. Saat bayi yang baru lahir tertidur, mereka mungkin saja berhenti bernafas sejenak selama 5 – 10 detik. Keadaan ini bisa buat orang tua panik, loh. Tapi, kalau bayi kamu berhenti bernafas lebih dari 10 detik, kamu harus segera konsultasi ke dokter ya.

source : sleepingangelsco.com

Fakta ketiga adalah bayi belum bisa merasakan asin sampai usia mereka 5 bulan. Tapi, bayi yang baru lahir bisa nih merasakan sesuatu yang manis, pahit, dan asam. Kamu juga harus tahu nih kalau ASI itu rasanya manis loh. Jadi, kalau bayi udah mulai mengonsumsi makanan padat, mereka akan cenderung meyukai makanan yang sama seperti ibu mereka konsumsi saat hamil dan menyusui.

source : www.bracesbylanghornechildrensdentist.com

Fakta unik selanjutnya adalah bayi yang baru lahir menangis tanpa mengeluarkan air mata. Bayi mulai menangis sekitar 2 – 3 minggu, tapi gak mengeluarkan air mata loh. Jadi, kamu hanya bisa mendengar suara tangisan saja karena air mata bayi baru keluar saat mereka berumur satu bulan. Bayi biasanya sering menangis sekitar 6 – 8 minggu setelah proses melahirkan tanpa alasan yang jelas, jadi bisa membuat para ibu panik dan sibuk untuk menenangkannya ya.

source : images.parents.mdpcdn.com

Fakta kelima adalah bayi senang menghadap ke kanan. Hanya 15% bayi yang baru lahir yang menghadap ke kiri saat mereka berbaring. Hal ini diduga berhubungan dengan genetik sama seperti lesung pipi. Keadaan ini hanya berlangsung beberapa bulan saja.

source : www.giftofsleepconsulting.com

Fakta selanjutnya adalah bayi laki-laki mengalami ereksi, loh. Fakta ini mungkin mengejutkan ya, tapi ini benar-benar terjadi, loh. Keadaan ini biasanya terjadi sebelum bayi laki-laki buang air kecil. Tapi, kamu gak perlu khawatir atau malu yan dengan keadaan ini masih terbilang normal sama seperti alat kelamin yang terlihat besar saat pertama kali lahir.

source : a.dilcdn.com

Uda tahu dong fakta-fakta unik tentang bayi, jadi jangan sampai panik ya kalau melihat salah satu dari fakta unik tersebut, ya Healthy people.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas