7 Kebiasaan Perawatan Kulit Pra Remaja

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 16 April 2018

Masalah kulit yang sering dialami oleh remaja adalah jerawat dan kulit berminyak. Tanpa mereka sadari, kulit berminyak adalah salah satu penyebab munculnya jerawat khususnya yang sering muncul di bagian wajah.

Baca juga : Bolehkah Bayi Memakai Bedak?

Namun, saat ini para pra remaja pun yang berusia di bawah 12 tahun juga mengalami beberapa masalah kulit di bagian wajah seperti munculnya jerawat khususnya buat mereka yang memasuki masa pubertas lebih awal. Buat kamu yang mempunyai adik atau saudara berusia di bawah 12 tahun, kamu mungkin ingin membantu mengatasi masalah jerawat tersebut. Kondisi wajah yang berjerawat bisa menurunkan rasa percaya diri mereka.

Mengatasi jerawat dan masalah kulit pada usia pra remaja bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya harus rutin mengingatkan mereka untuk selalu melakukan perawatan kulit. Ada 7 kebiasaan perawatan kulit yang bisa para pra remaja lakukan nih, seperti :

  1. Rutin membersihkan wajah 2 – 3 kali sehari khususnya saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Debu yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian mengandung kotoran yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Kondisi itulah yang bisa menyebabkan wajah mudah berjerawat.

  2. Biasakan mencuci wajah setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti olahraga.

  3. Saat membersihkan wajah, gosoklah wajah secara halus untuk menghindari resiko iritasi terutama kalau ada jerawat di wajah.

  4. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Produk pembersih wajah yang sesuai dengan para pra remaja biasanya berlabel non-comedogenic yang bertujuan untuk menghindari pori-pori kulit mereka tersumbat. Healthy people juga bisa merekomendasikan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide  khususnya buat mereka yang berjerawat. Beberapa ahli kesehatan kulit juga menyarankan untuk membiarkan sabun wajah selama 1-2 menit untuk membiarkan sabun menembus hingga lapisan epidermis kulit.

  5. Oleskan sunscreen sebelum keluar rumah dan beraktivitas di bawah sinar matahari yang bertujuan untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar UV.

  6. Jangan pernah menyentuh wajah saat tangan kotor karena kondisi tersebut bisa menyebabkan kuman di tangan berpindah ke wajah.

  7. Kalau kondisi jerawat semakin parah, kamu sebaiknya membawa mereka konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

Baca juga : Kenali Terapi Laser untuk Kecantikan

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas