Alasan Dokter Sungkan Bicara Seks dengan Pria

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Minggu, 26 November 2017

Kamu mengenal sistem reproduksi dan masalah seksual sejak di bangku sekolah. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi dari orang tua dan dokter. Buat perempuan, membicarakan seks dengan dokter mungkin sudah menjadi hal biasa. Kamu bisa menanyakan apa saja tentang sistem reproduksi dan masalah seksual seperti periode menstruasi dan proses kehamilan dengan dokter. Tapi, beda dengan pria. Pria biasanya gak punya alasan khusus untuk membicarakan masalah seksual dengan dokter. Akibatnya pria mendapatkan informasi yang sangat sedikit dibandingkan perempuan. Pernah gak sih kamu berpikir kalau dokter jarang membicarakan seks dengan pria. Kamu tau kenapa?

Dokter merasa gak nyaman membicarakan masalah seksual dengan pria

Alasan pertama mungkin disebabkan budaya yang berkembang di masyarakat. Budaya kita jarang melibatkan pria untuk konsultasi ke dokter, akibatnya dokter merasa gak nyaman atau canggung saat harus menerima pasien pria.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention, perempuan berusia antara 19 – 25 tahun lebih mungkin untuk membicarakan masalah seksual dengan dokter dibandingkan pria seusianya. Perempuan konsultasi pada dokter hanya untuk konsultasi atau menyembuhkan masalah seksual mereka. Berbeda dengan pria yang hanya menemui dokter untuk menyembukan masalah seksual mereka saja.

Selain itu, alasan tersebut mungkin juga berkaitan dengan teori yang berkembang di masyarakat kalau pria itu harus mandiri. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of Health Psychology, pria cenderung mempunyai pandangan kalau mereka lebih maskulin dibandingkan perempuan sehingga mereka cenderung mencari solusi sendiri tentang masalah seksual mereka.

Masih sedikit informasi tentang pendidikan seksual tentang pria

Alasan selanjutnya adalah masih sedikit informasi tentang pendidikan seksual tentang pria dalam kurikulum medis. Pria biasanya mendapatkan informasi tersebut di sekolah, tapi hanya sedikit informasi saja. Akibatnya, pria kadang gak tau loh tentang masalah seksual yang biasanya dialami saat remaja.

Ada 3 hal yang perlu diketahui pria tentang seks.

  • Pertama, ereksi itu normal karena faktanya pria mulai mengalami ereksi sejak dalam rahim. Pria normal mengalami ereksi 3 – 5 kali per malam.

  • Kedua, kehidupan seksual dalam film berbeda dengan kehidupan seksual di dunia nyata. Kamu jangan pernah membandingkan kehidupan seks kamu dengan apa yang terjadi dalam film.

  • Ketiga, kamu harus merasa nyaman bersama pasangan kamu. Kalau kamu merasa gugup, khawatir, ataupun cemas saat bersama pasangan kamu, kamu sebaiknya menenangkan diri kamu dulu karena perasaan tersebut bisa menyebabkan kamu gak bisa mengalami ereksi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas