Alasan Kenapa Harus Konsumsi Minyak Zaitun Sekarang

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 10 Agustus 2017

Healthy people mulai sekarang sebaiknya sering mengkonsumsi minyak zaitun karena banyak manfaat dari minyak zaitun. Minyak zaitun sering digunakan orang-orang Timur Tengah untuk diet dan pengobatan herbal. Ada beberapa manfaat lainnya dari minyak zaitun yang harus Healthy people ketahui. Apa saja?

 

Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Minyak zaitun bisa membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan mempertahankan kadar HDL (kolesterol baik) sehingga bisa membantu memperlambat perkembanganbiakan plak di arteri jantung kamu. Penelitian kesehatan seperti dilansir webmd.com menyebutkan tingkat kematian rendah akibat penyakit jantung di negara-negara yang masyarakatnya banyak menggunakan minyak zaitun. Penelitian lainnya juga menyebutkan seseorang yang sering menggunakan minyak zaitun memiliki resiko rendah untuk terserang penyakit jantung dibandingkan mereka yang hanya menggunakan sedikit minyak zaitun atau gak sama sekali loh. Penelitian yang dilakukan tahun 2011 seperti dilansir webmd.com menemukan orang-orang lanjut usia yang sering menggunakan minyak zaitun mempunyai resiko terserang stroke 41% lebih rendah dibandingkan yang gak pernah menggunakan minyak zaitun

 

Menurunkan Tekanan Darah

Minyak zaitun juga cocok dikonsumsi kamu yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang melibatkan seseorang dengan tekanan darah tinggi menunjukkan bahwa tekanan darahnya turun setelah beralih menggunakan minyak zaitun disertai diet sehat dengan mengonsumsi sedikit makanan yang mengandung lemak jenuh.

 

Mencegah Kanker

Bagi Healthy people yang khawatir terserang kanker, kamu bisa beralih menggunakan minyak zaitun mulai sekarang. Minyak zaitun mengandung phenolics yang bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dengan cara mengurangi resiko peradangan dalam tubuh, bertindak sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel tubuh, dan juga bisa membunuh sel kanker loh.

Para ahli kesehatan menganjurkan 25 sampai 35% kalori harian Healthy People berasal dari lemak tak jenuh contohnya minyak zaitun. Bagi healthy people yang sedang hamil dan menyusui, lebih baik konsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah boleh menggunakan minyak zaitun atau gak. Hal tersebut disebabkan masih sedikit penelitian terkait efek samping minyak zaitun yang bisa ditimbulkan pada ibu hamil dan menyusui. Selain itu, minyak zaitun sebaiknya digunakan untuk dressing pada salad dan makanan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com
 

Kembali ke Atas