Alasan Telinga Berdenging

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 13 Februari 2018

Telinga berdenging dalam istilah kesehatan disebut Tinnitus. Tinnitus gak hanya membuat telinga kamu berdenging, kamu juga bisa mendengar suara siulan, suara berdesis, gemuruh, dan berdengung.

Kamu mendengar suara tersebut tanpa adanya sumber suara di sekitar kamu. Sebagian orang menyebut suara tersebut dengan “suara hantu”.

Tinnitus bisa membuat kamu frustasi dan mengganggu aktivitas kamu karena kamu terus mendengar suara yang gak ada sumber suaranya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan depresi, cemas, dan stres.

Baca juga : Begini Respon Telinga Saat Kamu Memakai Earphone

Tinnitus bisa menyerang siapa saja dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit ini juga bisa menyerang satu bagian telinga saja atau kedua telinga.

Tinnitus bisa berupa tinnitus objektif atau subjektif. Tinnitus objektif berarti kamu dan orang lain di sekitar kamu bisa mendengar suara dari dalam telinga kamu. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya gangguan pembuluh darah dalam telinga kamu.

Tapi, kondisi ini jarang banget terjadi karena sebagian besar orang mengalami Tinnitus subjektif dimana mereka hanya bisa mendengar sendiri suara berdenging dalam telinga.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan telinga berdenging, seperti :

  1. Kerusakan pada bagian telinga tengah atau dalam

Telinga tengah berfungsi untuk mengambil gelombang suara dan mendorong telinga bagian dalam untuk mengirimkan sinyal ke otak. Lalu, otak kamu menerima sinyal tersebut dan menerjemahkannya menjadi sebuah suara sehingga kamu bisa mendengarnya. Tapi, telinga bagian dalam terkadang mengalami gangguan sehingga mengubah cara otak kamu memproses suara.

  1. Kerusakan pada gendang telinga sehingga bisa mengganggu telinga kamu memproses suara yang masuk.

  2. Adanya tumor dalam telinga kamu atau pada saraf pendengaran

  3. Mendengarkan suara yang terlalu keras seperti saat konser atau mendengarkan musik memakai headset.

  4. Menderita penyakit serius tertentu seperti tekanan darah tinggi dan penyakit Meniere

  5. Jarang membersihkan telinga sehingga banyak kotoran yang menumpuk dalam telinga kamu

  6. Cedera kepala dan leher akibat kecelakaan

  7. Kejang otot pada bagian telinga tengah

Anda bisa mencegah Tinnitus dengan rutin membersihkan telinga, mengurangi stres, dan menghindari mendengarkan suara yang terlalu keras saat memakai headset. Kamu juga bisa menuutup telinga kamu kalau kamu sedang berada di lingkungan yang bising.

Baca juga : Pelukan Bisa Meredakan Stres

 

 

 

 

 

Sumber : www.webmd.com; www.healthline.com

Kembali ke Atas