Alergi Bisa Sebabkan Kematian. Gimana Dong?

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 15 Agustus 2016

Hai HealthyPeople, pernah ngerasain gatal-gatal sehabis makan seafood? Atau tiba-tiba bisulan setelah makan telur? Itu tandanya kamu alergi terhadap makanan tertentu. 

Lalu, kenapa sih orang bisa alergi? Umumnya, sistem pertahanan tubuh kamu bereaksi berlebihan karena salah menganggap zat yang masuk dan dianggap sebagai racun. 

Reaksi alergi tiap orang itu beda-beda. Ada yang cuma gatal terus bintik-bintik merah, ada yang  tangan dan kakinya bengkak, ada juga yang ngalami sesak nafas. Nah, ternyata alergi bisa sebabkan kematian juga lhoo.

Syok anafilaksis, yaitu reaksi alergi berat yang dateng tiba-tiba. Awalnya penderita kesulitan nafas, lalu denyut nadi jadi lemah, tekanan darah meninggi, sampai akhirnya kehilangan kesadaran. Serem yaaaaa. Jadi, jangan remehin kalo kamu kena alergi ya HealthyPeople. Solusinya gak cuma fokus menghindari makanan aja. Hindari juga minum obat sembarangan. Atau sebaiknya kalau udah terkena syok anafilaksis, kamu harus segera dirujuk ke pelayanan gawat darurat. 

Kembali ke Atas