Alkhohol Bisa Membuat Pelari Dehidrasi

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Sabtu, 25 November 2017

Sebuah penelitian memang menyebutkan kalau mengonsumsi alkhohol dalam jumlah yang sedikit bisa memberikan manfaat kesehatan seperti bisa mencegah penyakit jantung, osteoporosis, dan mengurangi resiko terserang penyakit Alzheimer. Tapi, kalau kamu mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan terutama buat kamu yang suka olahraga lari, maka hal tersebut bisa menyebabkan beberapa efek negatif untuk tubuh kamu, seperti :

Dehidrasi

Kamu kehilangan 3% cairan tubuh kamu setelah 4 jam kamu mengonsumsi alkhohol. Jadi, bisa dibayangin dong kalau kamu berlari setelah atau sebelum mengonsumsi alkhohol, tubuh kamu akan mengeluarkan banyak keringat. Itu artinya tubuh kamu mengeluarkan banyak cairan, tapi gak ada cairan yang masuk. Saat kamu dehidrasi, kamu jadi mudah lelah dan terserang otot kejang. Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi sedikit alkhohol sebelum lari dan mengonsumsi banyak air setelah mengonsumsi alkhohol dan lari untuk mengganti cairan tubuh kamu yang hilang.

Kadar Gula gak Stabil

Saat kamu lari setiap minggu, kamu butuh makan lebih banyak untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh kamu. Hal ini disebabkan saat kamu lari atau berolahraga, organ hati kamu bekerja lebih dari biasanya untuk menghasilkan glukosa lebih banyak. Tapi, saat kamu mengonsumsi alkhohol secara berlebihan, kamu membutuhkan lebih banyak glukosa yang membuat kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan sehingga kadar gula kamu naik secra drastis.

Memperlambat Lari

Alkhohol gak mengandung nutrisi apapun, hanya mengandung 7 kalori per gram.. kalori tersebut bisa tertimbun di perut kamu yang bisa menambah beban kamu saat kamu lari yang bisa memperlambat gerakan lari kamu.

Meningkatkan Detak Jantung

Detak jantung kamu dan tekanan darah kamu akan meningkat saat kamu mengonsumsi alkhohol. Hal ini bisa emnyebabkan masalah buat kamu yang suka lari karena bisa menyebabkan mudah lelah dan meningkatkan resiko terserang stroke.

American College of Sports Medicing (ACSM) mengatakan kalau mengonsumsi alkhohol bisa mengganggu pengaturan suhu tubuh kamu saat lari. Jadi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi alkhohol sebelum kamu lari khususnya buat kamu perlari maraton.

 

 

 

 

 

sumber : www.realbuzz.com

Kembali ke Atas