Amankah Memakai Lensa Kontak?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 12 Januari 2018

Beberapa orang mungkin memilih memakai lensa kontak dibandingkan kaca mata. Kamu mungkin berpikir kalau memakai lensa kontak jauh lebih nyaman karena gak mengganggu penampilan kamu, membuat kamu lebih percaya diri nih saat beraktivitas, dan gak sakit di telinga atau hidung.

Tapi, aman gak sih memakai lensa kontak?

Lensa kontak sendiri ada dua macam loh, yaitu :

  • Lensa kontak lunak (soft contact lens) yang berkadar air tinggi

  • Lensa kontak keras (rigid contact lens)

Kamu pasti udah tahu dong kalau lensa kontak adalah benda asing yang masuk ke dalam mata kamu.

Lensa kontak ditempelkan pada kornea mata kamu yaitu bagian depan mata kamu yang punya peranan penting banget untuk penglihatan kamu. Seiring berjalannya waktu baik kamu yang memakai lensa kontak dalam waktu yang sebentar atau selama bertahun-tahun, pemakaian lensa kontak bisa mengganggu mata kamu.

Baca juga : Kenali Operasi LASIK Mata

Pemakaian lensa kontak lambat laun bisa menimbulkan efek buruk buat jaringan mata kamu seperti kelopak mata, selaput konjungtiva atau lapisan didepan bagian putih mata kamu, dan kornea atau lapisan didepan bagian berwarna mata kamu.

Nah, kelainan yang bisa ditimbulkan lensa kontak pada mata kamu, seperti :

  • Gangguan otot kelopak mata yang bisa menyebabkan kelopak atas mata kamu terkesan lebih rendah dan mata bisa terlihat mengecil. Kondisi ini disebut pseudoptosis

  • Pemakaian lensa kontak bisa menimbulkan gesekan antara lensa kontak baik lunak ataupun keras dan selaput bagian dalam kelopak atas mata kamu. Gesekan yang terjadi secara terus menerus itu bisa menimbulkan konjungtivitis kronis atau biasa disebut GPC (Giant Papillary Conjungctivitis).

  • Menimbulkan reaksi radang pada mata kamu yang bisa menyebabkan penebalan, munculnya bintik-bintik disertai rasa gatal.

  • Kalau kamu memakai lensa kontak keras, lensa kontak tersebut bisa terjepit diantara kelopak mata kamu yang bisa menimblkan peradangan, pembentukan kista, dan infeksi konjungtiva.

  • Pemakaian lensa kontak lunak yang mempunyai kadar air tinggi akan menyerap air mata kamu untuk mempertahankan kadar airnya. Kondisi ini bisa menyebabkan mata kamu kering, gatal, mudah ngantuk, dan seperti ada yang mengganjal. Kalau kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka bisa menyebabkan kerusakan sel-sel kornea mata kamu dan infeksi mata.

  • Gangguan pada korna kamu, hal ini cukup berbahaya karena kornea merupakan bagian utama dari penglihatan kamu, artinya kerusakan kornea akan menyebabkan kebutaan. Penggunaan Lensa Kontak yang tidak sesuai dan berlebihan dapat menyebabkan kornea mengalami hypoxia atau kekurangan oksigen, trauma, infeksi, dan untuk orang tertentu dapat menimbulkan reaksi alergi,

Pencegahan yang bisa kamu lakukan saat kamu memutuskan untuk memakai lensa kontak adalah rajin membersihkan lensa kontak, mengurangi jam pemakaian lensa kontak, dan konsultasi ke dokter mata terlebih dulu untuk prosedur pemakaiannya. Pastikan juga kamu tidak alergi dengan lensa kontak yang kamu gunakan ya.

Baca juga : Cabut Gigi Bikin Mata Buta?

 

 


 

Sumber : Health First Vol 8, Oktober – Desember 2009 hal 27 – 28

Kembali ke Atas