Apa Tujuan Operasi Plastik?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 3 Januari 2018

Apa sih yang kamu pikirkan kalau mendengar kata operasi plastik? Beberapa orang mungkin berpikir kalau operasi plastik hanya untuk memperbaiki penampilan seseorang.

Tapi, ternyata ada beberapa hal tentang operasi plastik yang kamu juga harus tau loh, Healthy People diantaranya operasi plastik bukan hanya untuk kecantikan. Operasi plastik juga bisa untuk memperbaiki fungsi anggota tubuh kamu, loh.

Operasi plastik juga dikenal dengan sebutan bedah plastik. Pada dasarnya, bedah plastik bisa dibagi jadi dua yaitu bedah rekonstruksi dan bedah estetika.

Bedah rekonstruksi umumnya bertujuan untuk mengembalikan fungsi anggota tubuh kamu atau memperbaiki bentuk penampilan buat jadi lebih baik lagi bahkan mendekati kondisi normal.

Hal tersebut sih biasanya diakibatkan beberapa faktor nih contohnya cacat bawaan lahir, kecelakaan, atau penyakit.

Beberapa contoh bedah rekonstruksi seperti :

  • Transplantasi kulit yang biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami luka bakar atau kecelakaan

  • Flap yang biasanya dilakukan untuk memperbaiki kecacatan atau kelainan karena kecelakaan.

Buat yang masih bingung apa sih flap, flap adalah tindakan pencangkokan jaringan kulit beserta jaringan lunak dibawahnya buat diangkat dari tempat asalnya ke tempat lain yang masih mempunyai hubungan pendarahan dengan tempat asal.

Penambahan implan, biasanya pada pasien yang baru saja menjalani operasi pengangkatan payudara atau biasa disebut mastektomi.

Baca Juga : Benjolan di Payudara, Apa itu Kanker?

Beda nih dengan bedah rekonstruksi, bedah estetika atau juga disebut bedah kosmetika dilakukan untuk memperbaiki anggota tubuh yang normal tapi dirasa kurang ideal jadi bisa mendekati ideal bahkan sempurna bagi sebagian orang.

Bedah estetika sendiri masih bisa dibagi jadi 2 yaitu :

  • Tindakan tanpa operasi diantaranya botox. Botox dilakukan dengan menyuntikkan botulinum toxin untuk mengurangi atau menghilangkan kerutan di daerah sekitar dahi, sudut mata, dan pangkal hidung. Tindakan tanpa operasi lainnya adalah Injectable Fillers dimana tujuannya adalah menambah volume pada bagian wajah tertentu nih seperti bibir atau hidung.

  • Tindakan dengan operasi diantaranya rhinoplasty (nose surgery) untuk memperbaiki bentuk hidung kamu biar jadi lebih mancung atau memperkecil hidung yang terlalu lebar, liposuction atau biasa disebut sedot lemak bertujuan untuk membentuk tubuh ideal dengan menyedot lemak kamu pada bagian tubuh tertentu, tummy tuck untuk mengencangkan dan membuat perut kamu lebih rata, dan breast augmentation  untuk memperbesar payudara dengan pakai implan payudara.

Contoh lainnya adalah blepharoplasty (eyelid surgery) bisa dibilang salah satu operasi plastik yang paling terkenal yang bertujuan untuk memperbaiki tampilan mata atas, bawah, atau keduanya. Jadi kamu akan terlihat lebih segar dan gak seperti lagi ngantuk.

Baca juga : Kenali Operasi LASIK Mata


 

Sumber : Health First 20 hal 54 – 55

 

Kembali ke Atas