Apakah Kamu Berpeluang Melahirkan Anak Kembar?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 16 Oktober 2017

Hei Bunda atau kamu yang baru menikah, gemes gak sih kalau lihat anak kembar? Bayi kembar memang lucu dan menggemaskan. Bayangin aja kalau kamu tiba-tiba punya 2 anak sekaligus saat kamu melahirkan, kamu membesarkan 2 anak, siapa sih yang gak pengen. Belum lagi kalau kamu bisa mempunyai 3 anak kembar, makin lucu dong. Nah, setiap orang punya peluang kok untuk punya anak kembar. Apa saja sih peluangnya? Intip yuk.

Riwayat keluarga

Nah, ini salah satu faktor terpenting. Kamu harus tahu dulu riwayat keluargamu apakah pernah ada salah satu keluargamu yang punya anak kembar. Eits...perlu diingat ya kalau ini adalah riwayat keluarga kamu, bukan riwayat pasangan kamu. Hal ini disebabkan perempuan yang memproduksi telur, jadi kalau ibu kamu atau saudara perempuan kamu mempunyai anak kembar, kamu pun mempunyai peluang untuk punya anak kembar. Tapi ini berlaku kalau keluarga kembar nya tidak identik ya.

Gaya Hidup

Kalau kamu tergolong vegetarian atau diet rendah lemak, maka peluang buat mempunyai anak kembar menjadi lebih kecil dibandingkan kamu yang suka mengonsumsi susu berlemak sekali dalam seminggu.

Jumlah anak yang Kamu Punya

Memang masih sedikit penelitian kesehatan yang menunjukkan kalau semakin banyak anak yang kamu punya, maka kamu mempunyai peluang besar untuk punya anak kembar. Bahkan kalau kamu sudah punya anak kembar, maka selanjutnya kamu juga berpeluang lebih besar untuk melahirkan anak kembar lagi.  

Usia Ibu

Kamu yang berusia 30 – 40 tahun mempunyai peluang untuk melahirkan anak kembar. Hal ini disebabkan cara kerja ovarium kamu berubah seiring bertambahnya usia.

Darimana Kamu Berasal

Darimana kamu berasal juga menjadi hal terpenting. Lebih banyak kelahiran anak kembar di Eropa Barat dibandingkan di Asia Tenggara.

Program Bayi Tabung

Program bayi tabung juga meningkatkan peluang untuk melahirkan anak kembar. Pada tahun 1970an sampai 1980an, tingkat kelahiran bayi kembar karena program bayi tabung meningkat dua kali lipat di Amerika Serikat.

Gak masalah bayi kembar atau bukan, yang terpenting adalah kesehatan bayi kamu. Kamu harus selalu menjaga kehamilan kamu agar bayi kamu terlahir sehat dan selamat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.motherandbaby.co.uk

Kembali ke Atas