Asma? Tetap Tenang, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

first aid
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 4 Oktober 2017

Healthy People pernah asma secara tiba-tiba gak? Serangan asma bisa mengganggu aktivitas kamu. Serangan asma adalah kondisi medis yang akan mempengaruhi saluran pernapasan atau saluran keluar masuknya udara dari paru-paru kamu. Ketika kamu terserang asma, saluran ini menyempit sehingga kamu sangat sulit untuk bernapas. Kamu biasanya mampu mengenali kondisinya dan akan memberi tahu orang lain bahwa kamu sedang mengalami serangan asma. Terkadang kamu juga sulit bernapas dan berbicara, disertai batuk dan napas berbunyi. Saat kamu terserang asma, kamu biasanya merasa gelisah dan tegang namun tetap berjuang untuk bernapas. Serangan asma terkadang sampai membuat bibir, telinga, dan kuku kamu membiru karena tubuh kamu kekurangan oksigen. Apabila kamu bertemu orang yang mengalami serangan asma ataupun kamu adalah penderita asma itu sendiri, lakukanlah hal berikut ini:

  1. Bantulah penderita atau dirimu sendiri untuk duduk pada posisi yang nyaman. Ketika seseorang terserang asma, saluran pernapasannya menyempit, sehingga penderita kesulitan untuk bernapas. Gunakanlah obat yang disarankan oleh dokter seperti inhaler untuk meregangkan otot-otot pernapasannya hingga saluran pernapasan mengembang jadi bisa bernafas lebih mudah

  2. Tenangkan penderita dan tetaplah menemani penderita sampai serangannya mereda atau penderita sudah mendapatkan bantuan dari petugas kesehatan. Jika kamu yang terserang asma, kamu harus tetap tenang, jangan panik. 

  3. Hubungi fasilitas kesehatan terdekat atau layanan gawat darurat dan mintalah orang lain untuk membantu kamu jika serangannya menjadi lebih berat, penderita asma atau dirimu sendiri gak membawa obatnya, atau penderita gak membaik walaupun sudah diberikan obat. .

Jadi Healthy People, jangan lupa lakukan pertolongan pertama ini pada penderita serangan Asma ya. Karena pertolongan yang cepat dan tepat akan memberikan pengaruh yang sangat positif terhadap penderitanya serta menghindarinya dari kesakitan dan kematian akibat serangan Asma.

 

 

 

 

sumber : PMI

Kembali ke Atas