Awas! Begadang Bisa Memicu Diabetes

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 3 Januari 2018

Diabetes masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi sebagian orang. Banyak orang yang mulai berlomba-lomba menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi resiko terserang penyakit diabetes.

Pola hidup sehat yang benar juga mencakup pola tidur loh, Healthy people. Tanpa kamu sadari kebiasaan tidur berhubungan dengan penyakit diabetes.

Sebuah penelitian kesehatan pada tahun 2015 seperti dilansir mims.com menunjukkan kalau kebiasaan tidur yang gak teratur bisa meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes, loh.

Baca juga : Penderita Diabetes, Perlukah Berolahraga?

Bahkan ada sebuah penelitian lanjutan yang menunjukkan kebiasaan tidur yang gak teratur berpengaruh pada kadar glukosa dan insulin dalam tubuh kamu.

Buat kamu yang suka begadang atau menderita insomnia, perlu hati-hati nih karena penderita insomnia atau kamu yang suka begadang mempunyai resiko lebih tinggi untuk terserang penyakit diabetes dibandingkan mereka yang bangun sangat pagi dengan durasi waktu tidur yang sama.

Hal ini mungkin disebabkan kamu yang suka begadang atau gak tidur di malam hari cenderung melakukan pola hidup gak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkhohol, dan makan berlebihan tapa diimbangi dengan aktivitas fisik.

Baca juga : Mengonsumsi Alkhohol Bisa Menyebabkan Kanker Mulut

Selain itu, begadang atau bekerja di malam hari juga cenderung membuat obesitas dimana dibuktikan dari Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih tinggi.

Buat penderita diabetes yang masih sering begadang, kamu juga perlu waspada. Hal ini disebabkan sebuah penelitian menunjukkan kalau mereka lebih mudah depresi dibandingkan penderita diabetes yang tidur dan bangun lebih awal.

Durasi tidur kamu pun berpengaruh secara gak langsung dengan resiko terserang diabetes atau gak. Sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan di China menunjukkan kalau kamu yang tidur selama 6 jam atau kurang mempunyai resiko terserang dabetes 7.2%.

Buat kamu yang tidur selama 6 – 8 jam, kamu mempunyai resiko terserang diabetes 5.1%, sedangkan orang yang tidur selama 8 jam atau lebih mempunyai resiko terserang diabetes 6%.

Jadi, penting banget mulai sekarang untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjaga pola tidur.

Buat kamu yang suka nyemil di malam hari, kamu juga jangan khawatir karena ada beberapa cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi di malam hari seperti sereal dan buah-buahan.



 

Sumber : today.mims.com

Kembali ke Atas