Awas! Tahi Lalat Tanda Kanker Melanoma

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 13 April 2018

Apakah kamu punya tahi lalat? Coba deh kamu mulai perhatikan tahi lalat kamu karena kamu perlu tahu kalau melanoma yang dikategorikan sebagai jenis kanker kulit bisa berkembang di tahi lalat.

Dalam tubuh kamu ada sebuah sel bernama melanosit yaitu sel yang menghasilkan melanin untuk mewarnai kulit, rambut, dan mata. Melanosit inilah yang membentuk tahi lalat. Tahi lalat memang bisa menjadi faktor resiko melanoma, tapi ada juga tahi lalat yang gak bisa menjadi melanoma.

Sebuah penelitian kesehatan seperti dilansir laman Perdoski menunjukkan kalau paparan sinar matahari juga bisa menjadi faktor penyebab kamu terserang melanoma. Tapi, bagian tubuh kamu yang gak terpapar sinar matahari juga bisa terserang melanoma.

Baca juga : Cari Tahu ALS, Penyakit yang Diderita Stephen Hawking

Faktor penyebab lainnya adalah kamu mempunyai riwayat anggota keluarga yang terserang melanoma dan kamu tergolong orang yang mempunyai kulit pucat dan mudah terbakar saat terpapar sinar matahari.

Oleh karena itu, kamu harus tahu tanda-tanda tahi lalat yang bisa beresiko terserang melanoma.

Asimetris

Peratukan bentuk tahi lalat kamu. kalau bentuk tahi lalat berbeda dengan separuh bagian lainnya, maka kamu perlu waspada. Kalau kamu punya tahi lalat di punggung, kamu bisa meminta orang lain untuk melihat bentuk tahi lalat tersebut.

Pinggiran Tahi Lalat

Kamu perlu waspada kalau bagian pinggir tahi lalat terlihat gak beraturan, bergerigi, ataupun kurang jelas.

Warna Tahi Lalat

Tanda selanjutnya adalah warna tahi lalat yang abnormal. Warna tahi lalat terlihat gak merata misalnya berwarna kecoklatan, gelap, atau hitam, kadang juga berwarna putih, merah, atau biru.

Diameter Tahi Lalat

Tahi lalat yang mungkin terserang melanoma biasanya mempunyai diametes lebih besar dari 6 mm.

Tahi Lalat Berkembang

Kalau kamu merasa tahi lalat kamu terus berubah, melebar, atau berganti warna, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter karena tanda tersebut menunjukkan tahi lalat kamu terkena melanoma.

Tapi, kamu jangan khawatir ya karena melanoma mudah terdeteksi di tahap awal. Kalau kamu gak segera konsultasi ke dokter, melanoma bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya atau biasa disebut metastasis melanoma. Kondisi ini biasanya sulit diobati. Kamu juga bisa mencegah kanker melanoma dengan rutin mengoleskan tabir surya pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Baca juga : Kenali Terapi Laser untuk Kecantikan

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas