Bau Badan? Lakukan Ini Saja Daripada Bikin Malu

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 7 Juli 2017

Pernah gak sih Healthy People merasakan bau badan temanmu atau malah kamu juga termasuk orang yang sering bau badan. Bau badan memang masalah yang sering dialami sebagian besar orang. Jadi, bau badan itu normal gak sih? Bau badan atau juga disebut bromhidrosis terjadi saat kamu sudah masuk masa pubertas yang disebabkan oleh hormon androgen. Hormon tersebut akan aktif saat kamu sudah masuk pubertas, jadi anak kecil gak akan memiliki masalah bau badan. Bau badan biasanya terjadi di sekitar ketiak, paha bagian atas, kaki, dan organ tubuh yang rawan berkeringat.

Apakah kamu berpikir bahwa bau badan disebabkan oleh keringat? Faktanya bau badan disebabkan oleh bakteri yang menempel dan berkembang biak di keringatmu. Kamu akan mencium bau badan saat terjadi pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit mu loh. Menjijikkan bukan? Daripada kamu terus memiliki masalah bau badan, yuk simak beberapa tips mencegah bau badan di bawah ini.

  1. Gunakan Antiperspirant

Gunakan Antiperspirant saat kamu tidur dan dalam keadaan gak berkeringat. Jika kamu menggunakannya setelah mandi di pagi hari, makka antiperspirant akan bercampur dengan keringatmu jadi antiperspirant gak akan bisa bekerja secara maksimal. Tau gak sih beda antara antiperspirant dan deodoran? Antiperspirant adalah produk yang mengurangi keringat pada ketiak mu sedangkan deodoran hanya menutupi bau badan pada ketiak. Tapi ada juga antiperspirant yang mencampurkan dengan zat deodoran.

  1. Ketiak Kering

Biarkan ketiakmu kering karena bakteri akan sulit untuk berkembang biak pada bagian tubuh yang kering.

  1. Gunaan Larutan Hidrogen Peroksida

Kamu juga bisa mencoba mencampur larutan hidrogen peroksida dan air. Kamu hanya harus mencampurkan 1 sendok teh larutan hidrogen peroksida pada 1 gelas air. Lalu kamu gosok menggunakan handuk kecil pada bagian tubuh mu yang mudah berkeringat contohnya ketiak dan kaki. Larutan ini bisa membunuh bakteri pada bagian tubuh tersebut yang bisa menyebabkan bau badan.

  1. Diet Sehat

Kamu harus melakukan diet sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, berminyak, dan makanan sejenis bawang putih, kari, dan bawang bombay. Namun, kamu harus konsultasi pada dokter sebelum melakukan diet.

  1. Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak pun bisa mengecah perkembangbiakan bakteri pada bagian ketiakmu jadinya kamu gak akan bau badan lagi.

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas