Begini Respon Telinga Saat Kamu Menggunakan Earphone

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 18 Juli 2017

Seberapa lama kamu pakai earphone seharian? Kamu menggunakan earphone buat mendengarkan lagu, radio, dan streaming youtube. Tapi, pernah gak kamu menyadari betapa bahayanya penggunaan earphone yang berlebihan bagi kesehatan kamu? Berikut 4 bahaya penggunaan earphone yang berlebihan buati kesehatan kamu:

Gangguan Pendengaran

Saat kamu memakai earphone, suara langsung masuk ke telingamu. Volume yang melebihi 90 desibel bisa bikin gangguan pendengaran. Mendengar volume lebih dari 100 desibel lebih dari 15 menit, bahkan bisa mengalami kehilangan pendengaran. Oleh karena itu, jangan pasang musik kencang dan berilah waktu untuk telinga kamu beristirahat saat menggunakan earphone.

Infeksi Telinga

Kamu pernah berbagi earphone dengan teman atau keluargamu? Nah, mulai sekarang kamu harus mulai waspada karena berbagi earphone mudah menyebabkan infeksi telinga. Bakteri tiap orang itu berbeda dan kamu gak bisa memastikan apakah teman atau keluargamu itu memiliki bakteri tertentu pada telinganya. Bakteri itu bisa menempel dan berpindah melalui earphone yang dipakai bergantian. Jadi, mulai hari ini pastikan kamu membersihkan earphone mu dulu sebelum pakai atau berhenti saling berbagi.

Telinga menjadi Mati Rasa

Mendengakan musik dengan keras memakai earphone hampir sepanjang hari dapat menyebabkan telinga menjadi mati rasa. Saat kamu melepas earphone mu, telingamu akan mati rasa selama beberapa waktu sebelum kembali normal lagi. Telinga mati rasa dapat menjadi pertanda bahaya yang akan menuju menjadi tuli.

Sudah tahu kan bahaya terlalu lama menggunaan earphone? So, coba kurangi waktu pemakaian earphone dan mulailah mendengaekan dengan volume kecil..

 

Kembali ke Atas