Benjolan di Payudara, Apa itu Kanker?

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Jumat, 4 Agustus 2017

Apakah Healthy people pernah merasakan sebuah benjolah di payudaramu? Jangan khawatir. Dokter menyebut benjolan tersebut dengan nama fibroadenoma dan itu bukan kanker. Benjolan tersebut paling umum menyerang para perempuan usia muda. Kamu gak perlu berpikir harus melakukan operasi atau kemotrapi karena benjolan terebut bisa menyusut dan menghilang tanpa perawatan. Dalam kasus lainnya, dokter biasanya akan mengangkat benjolan tersebut.

Apa itu Fibroadenoma?

Fibroadenoma adalah jenis tumor jinak dan gak termasuk jenis kanker. Berbeda dengan kanker payudara yang akan tumbuh membesar dari waktu ke waktu dan bisa menyebar ke organ lainnya, fibroadenoma akan tetap tinggal di jaringan payudara kamu. Ukuran benjolannya kecil, umumnya berukuran 1 sampai 2 sentimeter. Benjolan ini juga gak akan menimbulkan rasa sakit, bahkan terkadang kamu gak akan merasakan sama sekali.

Apa Penyebab Fibroadenoma?

Hingga saat ini, dokter belum bisa memastikan penyebab pasti fibroadenoma. Para dokter biasanya berspekulasi bahwa tumor jinak ini dipengaruhi perubahan kadar hormon karena sering muncul saat pubertas atau sedang hamil dan akan hilang setelah memasuki masa menopouse.

Lalu Bagaimana Mengetahui Gejalanya?

Fibroadenoma gak akan menyebabkan melepasnya puting susu, pembengkakan, kemerahan atau iritasi di sekitar payudara Healthy people. Karena tumor ini juga gak menimbulkan rasa sakit, maka kamu harus sering memeriksa payudaramu secara rutin untuk merasakan adanya benjolan atau gak. Kamu juga bisa ruting memeriksakan diri ke dokter.

Siapa yang Biasa Terserang?

Fibroadenoma sering menyerang perempuan, bahkan sekitar 10% perempuan yang memilikinya gak menyadarinya loh. Apakah Healthy people termasuk yang gak menyadari? Tumor ini paling sering menyerang perempuan usia 15 sampai 35 tahun atau perempuan yang sedang hamil dan menyusui. Para peneliti seperti dilansir webmd.com juga menemukan perempuan yang mempunyai riwayat keluarga terserang kanker lebih mudah memiliki fibroadenoma. Sebagian perempuan hanya mempunyai satu benjolan, tetapi sekitar 10-15% perempuan mempunyai lebih dari satu benjolan di payudaranya.

Lalu Bagaimana Mengobatinya?

Healthy people harus selalu konsultasi ke dokter jika merasakan benjolan di payudara kamu. Dokter akan memastikan benjolan itu adalah fibroadenoma atau bukan, lalu dokter akan melakukan pengobatan selanjutnya. Jika fibroadenoma kamu berukuran kecil, maka dokter akan merekomendasikan untuk mengeluarkannya. Jika kamu sedang hamil atau menyusui, maka dokter akan menunggu sampai kadar hormon kamu kembali normal sebelum mengeluarkannya.

Meskipun begitu, tetaplah berkonsultasi dengan dokter apabila kamu memiliki benjolan pada payudara untuk memastikan itu bukanlah kanker.  Ayo cek payudaramu sekarang!

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

 

Kembali ke Atas