Berapa Durasi Tidur Ideal Kita?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 3 Januari 2018

Setiap orang memang butuh tidur. Tidur bisa mengembalikan energi untuk aktivitas fisik ataupun menstabilkan emosi kamu.

Tapi, sampai sekarang kamu mungkin belum tahu seberapa lama sih kita harus tidur dalam sehari? Kurang tidur atau tidur berlebihan bisa memberikan efek negatif pada tubuh kamu seperti meningkatkan resiko terserang penyait diabetes.

Selain itu, kurang tidur juga berpengaruh pada nafsu makan kamu yang bisa membuat kamu makan berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas.

Kamu perlu tahu nih kalau kebutuhan tidur kamu berubah seiring bertambahnya usia. National Sleep Foundation seperti dilansir everydayhealth.com menunjukkan durasi tidur ideal seseorang berdasarkan usia yaitu :

  • Bayi yang baru lahir berusia 0 – 3 bulan butuh tidur selama 14 – 17 jam

  • Bayi berusia 4 – 11 bulan butuh tidur selama 12 – 15 jam

  • Balita berusia 1 – 2 tahun butuh tidur selama 11 – 14 jam

  • Anak-anak prasekolah berusia 3 – 5 tahun butuh tidur selama 10 – 13 jam

  • Anak usia sekolah berusia 6 – 13 tahun butuh tidur selama 9 – 11 jam

  • Remaja berusia 14 – 17 tahun butuh tidur selama 8 – 10 jam

  • Orang dewasa berusia 18 – 64 tahun butuh tidur selama 7 – 9 jam

  • Orang lanjut usia yang berusia 65 tahun atau lebih butuh tidur selama 7 – 8 jam

Selain usia, gender juga mempengaruhi pola tidur kamu. Perempuan cenderung tidur lebih lama dibandingkan pria dan lebih mudah mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur pada perempuan bisa disebabkan beberapa faktor seperti depresi, perubahan hormonal khususnya saat menstruasi atau memasuki masa menopouse, dan menderita penyakit tertentu contohnya nyeri punggung atau fibromyalgia.

Baca juga : Mengenal Fibromyalgia

Tapi, perempuan dan pria mempunyai kesamaan loh tentang faktor yang bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan tidur yaitu stres.

Stres bisa disebabkan banyak faktor misalnya masalah pekerjaan, masalah keluarga, penyalahgunaan obat-obatan tertentu, dan menderita penyakit tertentu seperti penyakit jantung.

Selain itu, mendengkur juga bisa menjadi salah satu faktor kamu gak tidur cukup. National Sleep Foundation menyebutkan kalau pria cenderung lebih suka mendengkur dibandingkan perempuan.

Hal ini disebabkan pria mempunyai saluran udara yang lebih sempit yang membuat mereka menghasilkan lebih banyak suara saat bernafas di malam hari. Kamu juga perlu tahu nih kalau mengonsumsi alkhohol juga bisa meningkatkan resiko mendengkur di malam hari.

Baca : Awas! Begadang Bisa Memicu Diabetes

Buat kamu yang masih belum tidur cukup, kamu sebaiknya mulai mengatur jadwal tidur kamu. Kamu juga bisa mulai melakukan kebiasaan mematikan peralatan elektronik sejam sebelum kamu tidur, membuat suhu ruangan agar tetap sejuk, dan membiasakan diri mandi di malam hari dengan air hangat untuk membuat tidur kamu lebih nyenyak.

 

 

 

 

Sumber :www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas