Berhenti Lari Lebih Berbahaya Daripada Berhenti Jogging? Baca Disini

sport
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Kamis, 3 Agustus 2017

Jogging dan lari mempunyai beberapa persamaan yaitu keduanya adalah bentuk latihan Aerobik. Aerobik adalah latihan fisik yang bisa menghasilkan energi. Energi tersebut adalah hasil pembakaran glukosa, lemak, dan oksigen dalam tubuh. Keduanya juga bisa menjaga kesehatan tubuh kamu diantaranya menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menjaga bentuk tubuh, dan membantu menjaga berat badan ideal. Namun perlu diperhatikan juga seberapa lama kamu jogging. Peneliti kesehatan seperti dilansir webmd.com mengungkakan bahwa jogging sangat bagus untuk kesehatan kamu, namun terlalu lama atau sering jogging juga gak baik loh  untuk kesehatan. Jacob Marott, seorang peneliti dari Frederiksberg Hospital di Kopenhagen, Denmark mengungkapkan jogging yang baik adalah sekitar 1 - 2,4 jam dalam seminggu dengan kecepatan sekitar 5 mil per jam.

Lalu mana yang lebih baik antara jogging atau lari?

Perbedaan lari dan jogging adalah intensitasnya. Saat Healthy people lari, maka jantung, paru-paru, dan otot bekerja lebih cepat dibandingkan saat kamu melakukan jogging. Marott melakukan sebuah penelitian yang hasilnya telah telah dipublikasikan dalam Journal of American Card of Cardiology yang hasil penelitannya mengungkapkan bahwa jogging ringan lebih baik untuk kesehatan dibandingkan berlari cepat. Dampak buruk dari jogging dan lari bisa dilihat saat kamu memutuskan untuk berhenti melakukan keduanya. Para perlari mempunyai resiko kematian tinggi saat mereka memutuskan untuk berhenti lari dibandingkan mereka yang hanya melakukan jogging dan memutuskan untuk berhenti jogging. Sama seperti Marott, Lee, seorang asisten Profesor Kinesiologi di Iowa State University mengungkapkan bahwa terlalu sering berlari bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Apa Tips Jogging dan lari untuk pemula?

Healthy people mempunyak hak untuk memilih apakah akan melakukan jogging atau lari. Namun yang perlu diperhatikan adalah kamu harus konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan keduanya khususnya kamu yang telah berusia di atas 40 tahun, menderita obesitas atau penyakit kronis, dan belum pernah berolahraga dalam waktu yang lama. Pastikan juga Healthy people melakukan pemanasan dan peregangan secara menyeluruh sebelum melakukan keduanya.

Yuk, mulai hidup sehat Healthy People!

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com, www.betterhealth.vic.gov.au

Kembali ke Atas