Berlari Pas Menstruasi, Boleh Gak Ya?

sport
Oleh Tim HaiDokter - Rabu, 24 Agustus 2016

Berlari adalah olah raga yang mudah dilakukan, dan memiliki efek yang baik untuk tubuh Healthy People. Dari jadwal rutin berlari, bahkan mengikuti berbagai acara lomba lari menjadi gaya hidup yang positif. Tapi buat sebagian runners, khususnya perempuan, terkadang memiliki waktu tertentu dimana tubuh terasa kurang fit untuk berlari. Badan lemas, pusing, kunang-kunang, kram perut kadang dirasakan oleh perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Lalu bolehkah perempuan tetap berlari? Atau mungkin kamu tak cukup tenaga untuk tetap berlari?

Efek samping dari menstruasi, nyatanya bisa berkurang kalau kita melakukan olah raga, termasuk berlari. Karena pengiriman oksigen ke seluruh jaringan otot akan meningkat, sehingga bisa meredam kram dan mengurangi rasa kembung.

Ketika kamu menstruasi, hormon estrogen dalam tubuh perempuan akan menurun, sehingga menjadi sulit untuk mengambil lemak sebagai sumber energi. Tubuh akan menggunakan glikogen sebagai sumber energi, dari karbohidrat atau gula yang telah kita konsumsi sebelumnya. Tapi kalau persediaan glikogen habis, tubuh akan sulit menggunakan lemak sebagai energi cadanganya. Itu dia sebabnya, perempuan lebih cepat capek kalau berlari dalam jarak jauh saat menstruasi. Jadi jika kamu merasa terlalu lelah, berlarilah dengan jarak pendek saja.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah hidrasi tubuh. Yang dimaksud hidrasi itu keseimbangan cairan di dalam tubuhmu. Waktu menstruasi, tubuh akan kehilangan darah dan zat besi. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti daging merah, atau suplemen penambah darah. Pastikan juga cairan yang kamu minum sudah cukup dan lebih banyak dari biasanya. Hal ini untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan. 

So, nggak perlu ragu untuk tetap berlari ketika menstruasi. Selalu dengarkan sinyal tubuh ketika sudah merasa lelah, dan beristirahatlah. Jangan lupa untuk streching sebelum dan sesudahnya, dan minum banyak air ya Healthy People! 

Kembali ke Atas