Bolehkah Berenang Saat Menstruasi?

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Rabu, 2 Agustus 2017

Healthy people sering bertanya-tanya apakah boleh berenang saat menstruasi? Banyak orang percaya bahwa berenang saat mentruasi bisa menyebabkan kram dan infeksi. Daripada percaya mitos yang belum pasti kebenarannya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Berenang saat menstruasi diperbolehkan asal kamu memakai pembalut dan pelindung yang benar. Dr. Mary Jane Minkin, seorang Profesor Ilmu reproduksi di Yale School of Medixine seperti dilansir self.com mengatakan gak ada bahaya atau larangan untuk berenang saat menstruasi selama kamu menggunakan pelindung seperti pembalut atau tampon. Kamu pun bisa berenang di mana saja seperti di pantai, danau, atau kolam renang. Kamu pun gak perlu khawatir akan ada sejumlah darah yang keluar karena air kolam ataupun air pantai akan segera melarutkannya.

Saat kamu berendam dalam air, tekanan air bisa menghentikan aliran darah sementara kecuali saat kamu tertawa, batuk, atau bersin maka darah akan keluar sedikit. Healthy people gak perlu khawatir karena aliran darah akan kembali normal saat kamu keluar dari air. Namun, perlu diperhatikan bahwa Healthy people jangan menggunakan pantyliners saat berenang karena pantyliners bisa menyerap air.

Apakah bisa terserang infeksi vagina?

Infeksi vagina biasanya disebabkan oleh air yang telah terkontaminasi virus dan bakteri. Oleh karena itu, kamu harus memastikan air di tempat berenang bersih. Jika kamu gak bisa memastikan apakah air tempat kamu berenang kotor atau gak, maka kamu harus segera mandi setelah berenang. Hal tersebut bisa mengurangi resiko infeksi dengan menghilangkan virus dan bakteri yang menempel di tubuhmu. Hindari duduk setelah berenang dengan pakaian renang yang basah. Jika kamu merasa gata-gatal atau muncul luka setelah berenang, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter.

 

 

 

 

 

sumber : www.femalefirst.co.uk, www.self.com

Kembali ke Atas