Bolehkah Mandi di Malam Hari?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 12 Desember 2017

Setelah beraktivitas seharian, kamu pasti merasa lelah dan segera ingin tidur. Apalagi kalau kamu baru nyampe di rumah di atas jam 10 malam, kamu pasti ingin segera berbaring di tempat tidur. Tapi, tahukah kamu kalau sebelum kamu tidur sebaiknya kamu mandi terlebih dahulu?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit di New York menunjukkan kalau suhu tubuh manusia menurun pada malam hari, khususnya 2 jam sebelum kamu pergi tidur.

Penelitian itu juga mengungkapkan kalau kamu mandi dengan air hangat maka hal tersebut membantu kenaikan suhu tubuh kamu sehingga kamu bisa merasa lebih rileks.

Seperti telah diketahui kalau mandi di pagi hari bisa meningkatkan daya kreativitas kamu saat bearkativitas seharian.

Begitupun mandi malam yang juga bisa memberikan dampak positif untuk tubuh kamu. Saat kamu mandi di malam hari, suhu tubuh kamu bisa naik dan bisa mempercepat waktu tidur kamu.

Selain bisa membuat tubuh kamu lebih rileks, mandi di malam hari juga bisa membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di tubuh kamu.

Selama beraktivitas seharian di luar ruangan, kamu berhadapan langsung dengan polusi dan debu. Kondisi itu bisa menyebabkan banyak kuman dan bakteri yang bisa menyebbakan penyakit menempel di tubuh kamu.

Selain itu, kuman dan bakteri yang menempel di kulit bisa merusak kulit kamu contohnya kulit kamu menjadi kering dan mudah iritasi. Oleh karena itu, mandi bisa membuat tubuh kamu bersih kembali.

Saat kamu memutuskan untuk mandi malam, kamu sebaiknya menggunakan air hangat. Air hangat yang dimaksud adalah air yang gak terlalu dingin, tetepi juga bukan air panas.

Hal tersebut bertujuan untuk menyegarkan tubuh kamu tanpa membuat kamu kepanasan atau kedinginan saat tidur.

Masih dibutuhkan penelitian kesehatan lebih lanjut untuk tahu dan membuktikan apakah mandi malam mempunya resiko negatif untuk kesehatan tubuh kamu.

Tapi, kalau kamu ingin tidur lebih cepat dan nyenyak setelah beraktivitas seharian, maka kamu sebaiknya mandi terlebih dahulu sebelum tidur. Kamu juga setidaknya mencuci tangan, kaki dan wajah kamu sebelum tidur.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.time.com; www.independent.co.uk

Kembali ke Atas