Bolehkan Konsumsi Air Dingin Setelah Olahraga?

sport
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 25 Agustus 2017

Setelah berolahraga, bersepeda, ataupun mengangkat beban, Healthy people akan mengeluarkan lebih banyak keringat dan merasa sangat panas. Brooke Schantz, RD, spesialis nutrisi olahraga, seperti dilansir webmd.com mengungkapkan bahwa tubuh kamu akan merasa sangat panas dan kelelahan setelah berolahraga. Healthy people lebih memilih mengonsumsi air biasa atau air dingin? Apakah air dingin boleh dikonsumsi setelah olahraga?

Sebagian besar orang akan memilih mengonsumsi air dingin setelah olahraga karena air dingin bisa menyegarkan tubuh kamu kembali. Nancy Clark, RD, ahli gizi olahraga dan seorang penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook mengatakan air dingin lebih menyegarkan dan bisa mendinginkan temperatur tubuh kamu kembali. Beberapa penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi air dingin menunjukkan suhu tubuhnya 50% lebih dingin dibandingkan mengonsumsi air biasa. Penelitian lainnya juga menyebutkan air dingin bisa mengobati dehidrasi lebih cepat setelah olahraga sehingga kamu bisa melanjutkan olahraga lebih lama lagi. Saat dehidrasi, detak jantung kamu rendah dan suhu tubuhmu naik secara lambat sehingga menyebabkan lebih banyak keringat yang keluar dan kamu pun menjadi mudah lelah. Oleh karena itu, kamu disarankan mengonsumsi beberapa gelas air sebelum dan setelah berolahraga. Para ahli gizi olahraga menyarankan agar mengonsumsi 16 ons air beberapa jam sebelum berolahraga, lalu mengonsumsi 8 ons air sekitar 10 atau 20 menit sebelum berolahraga untuk menghindari dehidrasi dan lelah yang berlebihan. Saat kamu berolahraga di tempat yang panas, maka kamu harus beristirahat setiap 15 atau 20 menit sekali.

Hal terpenting adalah kamu harus segera mengonsumsi air setelah berolahraga, bukan seberapa dingin air. Healthy people bebas memilih mengonsumsi air biasa atau air dingin karena keduanya baik untuk tubuh. Seberapa banyak air yang harus kamu konsumsi sebelum dan setelah olahraga juga tergantung seberapa banyak kamu berketingat. Schantz mengatakan bahwa setiap pon keringat yang keluar, maka kamu perlu minum sekitar 16-24 ons air. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan air yang kamu konsumsi.

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas