Bunda, Ini Makanan Sehat Setelah Melahirkan

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Senin, 9 Oktober 2017

Hei Bunda, pasti pengen kan tubuh kamu kembali normal setelah melahirkan? Kamu pasti berpikir untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan kamu tapi kamu khawatir bayi kamu gak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Jadi, kamu harus pastikan kamu diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar kamu dan bayi kamu tetap mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Kamu bisa coba loh beberapa makanan sehat berikut untuk diet sehat tanpa perlu mengorbankan kesehatan bayi kamu.

Salmon

Salmon mengandung DHA yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi kamu. ASI memang mengandung DHA, tapi kamu bisa menambah kadar DHAnya dengan mengonsumsi salmon. Penelitian kesehatan juga menunjukkan salmon bisa mencegah depresi pasca melahirkan.

Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Susu mengandung protein, vitamin B, dan salah satu sumber kalsium terbaik. Kamu masih bisa diet dengan mengonsumsi produk susu rendah lemah tanpa harus khawatir berat badan kamu naik.

Kacang Polong

Kacang polong kaya kandungan zat besi terutama kacang hitam dan kacang merah. Kacang polong sangat tepat untuk dikonsumsi kamu, ibu muda, yang ingin diet atau termasuk vegetarian karena kacang polong tergolong sumber protein non-hewani berkualitas tinggi dan sumber vitamin B12.

Blueberry

Blueberry mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi kamu. Blueberry juga mengandung karbohidrat yang bisa meningkatkan energi kamu.

Jeruk

Jeruk dan jenis buah sitrus lainnya adalah salah satu makanan yang baik untuk menyusui karena makanan tersebut mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat membantu kamu menyerap kalsium dengan lebih optimal. Kamu bisa mengonsumsi jeruk dengan membuat jus atau cemilan saat santai.

Telur

Telur bisa memenuhi kebutuhan protein harian kamu. Telur mengandung DHA yang bisa meningkatkan kadar asam lemak yang dibutuhkan dalam ASI kamu.

Gandum

Gandum mengandung asam folat, serat, dan zat besi. Asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli sangat baik untuk pertumbuhan bayi kamu dan kesehatan kamu karena sayuran hijau mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, antioksidan, dan merupakan makanan yang rendah kalori. Jadi, kamu gak perlu takut berat badan kamu akan naik.

Walaupun uda melahirkan, kesehatan tetap harus jadi prioritas ya Bunda!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas