Cabut Gigi Bikin Mata Buta?

lifestyle
Oleh Drg. Adji Dara Vania - Kamis, 14 Desember 2017

“Dok, katanya kalau kita cabut gigi itu bisa bahaya ya dok, katanya bisa langsung bikin mata buta? Kalau gitu mending saya diamkan aja gigi saya ini biarpun udah hancur”. Pertanyaan kayak gini beberapa kali ditanyakan, benar-benar membuat pasien takut kalau harus dicabut giginya yang padahal sudah hancur, gak bisa dirawat lagi, tinggal sisa akar, atau bahkan sudah membuat kondisi jaringan sekitar gigi membengkak.

Tapi, bener gak sih?

Seperti yang kamu udah tau, tubuh manusia itu memang dipenuhi saraf-saraf yang saling berhubungan. Nah, saraf yang mau kita bahas, namanya saraf Trigeminus, saraf ini mempunyai 3 cabang. Anggap lah saraf Trigeminus sebagai batang pohon, dan 3 cabangnya merupakan dahan pohon. Mereka ada di satu badan, tapi gak langsung berkaitan.

Cabang pertama menuju ke daerah mata, cabang kedua menuju ke rahang atas, dan cabang ketiga menuju ke rahang bawah.

Fungsi dari saraf ini ada 2, yaitu fungsi sensorik dan motorik. Fungsi sensorik maksudnya adalah menerima rangsangan dan menyampaikannya ke otak, misalnya sentuhan kulit. Sedangkan fungsi motorik maksudnya untuk menggerakan otot disekitar wajah dan pengunyahan.

So, dengan penjelasan tadi, pencabutan pada gigi berarti gak langsung menimbulkan kebutaan. Yang bisa menimbulkan kebutaan, mungkin adanya penyakit mata sebelumnya, atau adanya infeksi yang sudah menyebar sebelumnya. Maka dari itu perlu sekali untuk berkonsultasi langsung pada dokter gigi apabila mau dilakukan pencabutan, jujurlah dengan kondisi kesehatan atau riwayat kesehatan tubuh kamu, dan rutinlah untuk periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Kembali ke Atas