Cemilan Sehat Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Berkolesterol Tinggi

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 21 Juli 2017

Healthy People pasti sering menjumpai makanan berkolesterol seperti gorengan berminyak, donat, biskuit, dan kentang goreng. Untuk mencegah kolesterol tinggi, kamu biasanya bingung memilih cemilan yang pas buat kamu atau kamu akan mengonsumsi sedikit makanan-makanan tersebut. Mulai sekarang, Healthy People gak perlu pusing lagi memilih atau mengurangi cemilan mu karena ada lima cemilan sehat yang bagus untuk kamu yang mempunyai kolesterol tinggi dan cocok untuk kesehatan jantung kamu. Apa saja cemilan itu? Yuk simak di bawah ini.

Jagung dan Popcorn

Healthy People, apakah kamu suka mengonsumsi popcorn? Menurut American Heart Association seperti dilansir everydayhealth.com, jagung dan popcorn adalah cemilan biji-bijian yang mengandung kaya serat, kalori rendah, dan baik untuk menurunkan kolesterol mu loh. Tapi ingat, kamu pun harus mengonsumsinya secukupnya.

Kacang

Bagi kamu yang bingung cemilan yang pas saat waktu luang, kacang adalah solusinya. Tapi, kamu harus memperhatikan jumlah kacang yang bisa dikonsumsi dalam sehari. Clevel and Clinic seperti dilansir everydayhealth.com merekomendasikan untuk mengonsumsi kacang secukupnya dalam sehari yaitu sekitar satu ons (tidak lebih dari 24 kacang almond).

Sayuran

Everydayhealth.com melansir bahwa Joan Salge Blake, seorang Professor di Universitas Sargent, berpendapat bahwa sayuran adalah makanan terbaik. Sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk dijadikan cemilan bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi. Perlu diingat Healthy People, sayuran mengandung rendah lemak, sodium, kolesterol, dan kalori sehingga sayuran sangat baik untuk kesehatan jantung mu loh. Tapi, Healthy People harus tetap memperhatikan kebersihannya ya.

Buah-buahan

Buah-buahan cocok untuk kamu jadikan cemilan sehat. Healthy people bisa memilih buah Apel, Strawberry, Anggur, dan Buah Sitrus. Mereka adalah contoh buah-buahan yang mengandung pektin, sejenis serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol mu.

Oatmeal

Oatmeal bukan hanya makanan yang bisa disantap saat sarapan saja, karena oatmeal bisa dikonsumsi kapan saja. Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol kamu. Serat larut menyerap kolesterol dalam tubuhmu dan memindahkannya melalui sistem pencernaan sehingga tubuh mu gak akan menyerapnya.

Jadi, sekarang kamu gak akan bingung lagi untuk memilih cemilan sehat saat lebaran atau saat waktu luang. Hidup sehat adalah pilihan dan harus dimulai sekarang. Salam sehat, Healthy People!

 

 

 

 

 

Source : www.everydayhealth.com

 

Kembali ke Atas