Diabetes Menurun pada Anak?

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 10 Januari 2018

Apakah keluargamu ada yang terkena penyakit gula atau biasa disebut Diabetes? Lalu apa diabetes bisa diturunkan? Buat menjawab pertanyaan itu, yuk kita tengok sekilas tentang hubungan diabetes dengan genetik kita. 

Sebelumnya, Healthy People harus tau kalau DM (Diabetes Mellitus) Tipe 1 adalah diabetes yang dapat diturunkan. Biasanya, penderita mengalami gejala diabetes sejak usia muda.

Nah, kalau DM Tipe 2 itu yang sering kita temuin di masyarakat, diabetes ini yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Gak cuma  gen saja yang mempengaruhi munculnya penyakit ini,  tapi juga gaya hidup kamu!  Gen yang terlibat pun lebih dari satu.

Baca juga : Diabetes Bisa Menyerang Anak-anak

Oleh karena itu, selain memang diturunkan dalam keluarga melalui gen, gaya hidup yang buruk seperti pola makan dan kurang olahraga pun dapat menimbulkan DM Tipe 2. 

Kalau orang tuanya menderita DM tipe 2, apa anaknya berisiko? 

Secara umum, jika kamu menderita DM Tipe 2, risiko Anak kamu untuk menderita DM adalah 1 : 7 kemungkinan (jika didiagnosis sebelum usia 50 tahun), dan 1 : 13 kemungkinan jika kamu dikatakan mengidap DM setelah usia 50 tahun. Kemungkinan ini akan semakin besar menjadi 1: 2 jika kamu dan pasanganmu sama-sama menderita DM.

Wah, jangan sampai ya! Beberapa peneliti juga percaya bahwa ibu lebih berperan besar dibandingkan ayah dalam menurunkan DM. 

Obesitas bisa jadi salah satu risiko terkuat DM Tipe 2,hal ini juga cenderung diturunkan dalam keluarga. Dalam satu keluarga, cara dan kebiasaan makannya nyaris sama.

Baca juga : Waspada! Begadang Bisa Menyebabkan Diabetes

Sehingga,kalau dalam riwayat keluargamu terdapat DM Tipe 2, bakal sulit menentukan apakah penyebabnya karena gen ataukah gaya hidup. Sebagian besar, karena keduanya.

Beberapa studi menyebutkan bahwa dengan aktivitas fisik dan berat badan yang terkontrol, seseorang yang berisiko terkena DM Tipe 2 karena genetik dapat terhindar dari penyakit ini.

Kalau begitu, gak perlu khawatir jika silsilah keluarga kita memang menderita diabeter. Jawabannya ada di diri kita sendiri, Healthy People! . Biasakan olah raga teratur, kurangi gula dan makanan berlemak, dan jaga berat badan normal ya!.

Kembali ke Atas