Diet DASH untuk Hipertensi Sehat atau Gak?

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 3 November 2017

Kamu pernah tahu diet DASH gak? DASH ata Dietary Approaches to Stop Hypertension dipercaya sebagai diet terbaik oleh U.S News & World Report selama 6 tahun berturut-turut yang berhasil menggungguli beberapa pesaingnya seperti diet Juggernaut Weight Watchers dan the Ornish Diet. Buat kamu yang masih bingung kenapa diet DASH bisa menjadi diet terbaik, kamu lebih baik harus tahu dulu nih apa itu diet DASH.

Diet DASH adalah diet yang dirancang khusus untuk mengurangi resiko terserang hipertensi dan menurunkan tekanan darah kamu. Saat kamu memutuskan untuk diet DASH, maka kamu harus mengonsumsi buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, biji-bjian, ikan, dan kacang-kacangan. Kamu harus mengurangi konsumsi garam, daging merah, dan gula termasuk minuman dengan tambahan gula. Batasan asupan garam selama sehari menjadi 1500 – 2300 miligram (mg).

Nah, kalau kamu masih bingung tentang asupan nutrisi diet DASH, ada beberapa asupan nutrisi harian untuk Diet DASH, yaitu :

  • Lemak total : 27% kalori

  • Lemak jenuh : 6% kalori

  • Protein : 18% kalori

  • Karbohidrat : 55% kalori

  • Kolesterol : 150 mg

  • Serat : 30 g

Dari data asupan nutrisi harian di atas, kamu pasti tahu nih kalau kamu bukan hanya mengurangi konsumsi garam saja, ya Healthy people. Saat kamu memutuskan untuk diet DASH, kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol karena keduanya bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Kamu juga harus berolahraga lebih teratur dan menghindari konsumsi alkhohol.

Nah...buat kamu yang masih bertanya-tanya apakah diet DASH sehat atau gak, pilihan tersebut tergantung pada pilihan masing-masing individu. Kamu harus tahu dulu nih kelebihan dan kekurangan dari diet DASH jadi kamu bisa memutuskan apakah kamu akan melakukannya atau gak. Kelebihan diet DASH diantaranya penelitian kesehatan telah menunjukkan kalau kamu melakukan diet ini maka kamu bisa menurunkan resiko terserang tekanan darah tinggi dan penyakit kolesterol. Selain itu, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang lebih baik karena kamu lebih banyak mengonsumsi makanan berserat dan makanan segar dibandingkan makanan olahan dan makanan kemasan karena makanan tersebut mengandung tinggi garam. Lalu apa kekurangan diet DASH? Nah...diet DASH gak cocok nih buat kamu yang mau menurunkan berat badan karena masih sedikit penelitian yang menunjukkan kalau kamu bisa menurunkan berat badan dengan cepat saat kamu melakukan diet DASH. Selain itu, kamu mungkin masih sulit menyesuaikan diri untuk mengonsumsi lebih banyak serat setiap hari sehingga perut kamu bisa kembung, cara menyikapinya adalah dengan meningkatkan konsumsi serat secara perlahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas