EFAST 2017 , Kegawatdaruratan Lingkungan, Buat Kamu yang Suka Travelling

event highlight
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 17 Oktober 2017

Fakultas Kedokteran UI baru saja mengadakan EFAST 2017 nih, sebuah seminar dan workshop yang mengambil tema “Kegawatdaruratan Lingkungan” tanggal 14 Oktober. Seminar ini diselenggarakan berdasarkan antusiasme masyarakat dalam penanganan kegawatdaruratan khususnya buat kamu nih yang suka berpetualang di pegunungan, pantai ataupun hutan.

Seminar ini menghadirkan banyak pembicara-pembicara profesional dan ahli di bidangnya yang meliputi bantuan hidup dasar saat travelling, pertolongan pertama menangani patah tulang, mengenal lebih jauh tentang hipotermia dan heatstroke, dan beberapa materi lainnya yang berkaitan dengan persiapan perjalanan sebelum travelling.

Pada dasarnya, sebelum travelling baik ke pegunungan, pantai, ataupun hutan, kamu harus menyiapkan beberapa persiapan yang berkaitan dengan kesehatan. Persiapan pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapan fisik. Kamu harus memastikan kalau keadaan fisik kamu sehat jadi gak akan sakit saat perjalanan. Persiapan fisik yang bisa kamu lakukan seperti dry run, simulasi teknis, pemanasan atau stretching dan aerobic, dan cool down. Saat travelling, kamu juga harus memastikan kalau maksimum beban yang kamu bawa setengah dari berat badan kamu.

Saat kamu melakukan travelling di alam bebas, kamu mungkin terserang beberapa penyakit seperti hipotermia dan heatstroke. Kamu mungkin akan kesulitan mencari bantuan medis. Buat penanganan awal hipotermia, kamu bisa melakukan beberapa pertolongan pertama seperti:

  • Memindahkan pasien hipotermia ke tempat yang lebih hangat

  • Lepaskan semua pakaian pasien yang mungkin saja basah dengan pakaian yang lebih kering

  • Hindari mengerumuni pasien karena bisa membuat keadaan pasien semakin parah kalau baju kamu juga basah

Buat penanganan awal heatstroke, kamu bisa melakukan beberapa pertolonan pertama seperti :

  • Memindahkan pasien ke tempat yang lebih dingin

  • Mengusapkan air pada bagian tubuh tertentu si pasien untuk menurunkan suhu tubuh

Saat kamu terjatuh dari ketinggian saat travelling dan mengalami patah tulang, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan membidai bagian tubuh tersebut. Kamu bisa membidai dengan 3 buah papan panjang yang diletakkan di samping, dalam, dan luar bagian tubuh yang patah tulang. Lebar 3 buah papan panjang tersebut harus disesuaikan ya. Kalau kamu sulit menemukan papan panjang, kamu juga bisa menggunakan batang pohon yang tebal.

Pada dasarnya, kamu harus segera melakukan pertolongan pertama sesegera mungkin saat terluka selama travelling di alam bebas sambil menunggu bantuan medis. Perlu diingat ya healthy people,  kalau keselamatan menjadi prioritas pertama kamu sepanjang perjalanan di alam.

Kembali ke Atas