Enam Menit Workout Sebelum Mandi

sport
Oleh Tim HaiDokter - Senin, 15 Agustus 2016

Olahraga itu gak cuma di tempat gym kok. Buat kamu yang sibuk, kamu cuma butuh waktu sekitar 6 menit buat workout pagi.  Penelitian dari University of Michigan nunjukkin kalo workout di pagi hari sebelum mandi dan sebelum sarapan gak cuma ningkatin metabolisme tubuh atau bakar kalori,  tetapi juga bisa ngatur siklus tidur kamu dan nambah energi buat aktivitas seharian.

Workout pagi 6 menit ini adalah latihan gaya HIIT (Hight Intensity Interval Training) yang nargetin 4 bagian tubuh kamu, yaitu pantat, paha, perut, dan otot trisep (lengan).

Gimana caranya?

15 kali Squat

Latihan squat itu senjata rahasia buat bakar lebih banyak kalori. Kalo kamu bener ngelakuinnya, bisa jadi latian ini bikin kenceng pantat, pinggul, dan kaki.

Cara ngelakuinnya, kaki gak boleh jinjit dan harus dilebarin sama dengan bahu. Pas jongkok, pantat harus turun lebih rendah dari lutut. Pas berdiri, tangan gak boleh nyentuh badan. Terus bahu, pantat, lutut, dan tumit berada di satu garis (tegak).

15 kali Pushup

Push-up adalah cara klasik untuk ngencengin otot perut, otot lengan, otot dada serta ngebakar lemak. Mulai dengan tengkurap di lantai, posisiin tangan terbuka selebar bahu. Kaki bertumpu di jari ujung kaki sampe posisi tubuh lurus sempurna. Jangan sampe pantat atau anggota tubuh lain menonjol ke atas. Turunin bahu sampe ngebentuk siku 90 derajat. Lali dorong bahu dan lengan sampe lurus ke depan sambil ambil nafas. Mudah bukan?

30 detik Plank-hold

Posisi plank hampir mirip kayak push up sih, cuman bedanya kamu harus diem dalam posisi itu dalam 30 detik dan gak boleh gerak. Manfaat plank ini buat nguatin otot di punggung bawah dan perut.

15 kali bicycle crunch

Gerakan ini yang paling susah dan berat, tapi bisa bikin semua area perut kamu bekerja. Posisiin badan kamu terlentang di atas lantai. Tangan di sebelah kepala terus angkat dan tekuk kaki kiri ke atas. Lalu angkat kepala dan tubuh bagian atas dan arahkan siku kanan ke lutut kiri. Tahan posisi ini sampe beberapa detik lalu kembaliin ke posisi awal. Terus ulangi buat bagian tubuh sebelah kanan.

Mudah bukan? Yakin gak mau coba?

Kembali ke Atas