Fakta Dibalik Scaling Gigi

lifestyle
Oleh Tim HaiDokter - Senin, 15 Agustus 2016

Pertanyaan-pertanyaan kayak gini sering ditemui dokter gigi nih,
Atau.. kamu takut scaling karena ngilu?

Scaling adalah proses untuk membersihkan karang gigi yang menempel erat pada permukaan gigi kamu. Karang gigi (kalkulus) yang menumpuk, bisa menyebabkan gusimu merah, bengkak dan sering berdarah.  Alat yang digunakan dokter gigi adalah scaler, bentuk ujungnya lancip dan bergetar, fungsinya untuk memecah dan melepaskan lekatan karang gigi. 

Lalu mengapa scaling membuat berdarah?

Gak perlu takut, hal ini wajar saja terjadi, karena gusi kita sangatlah sensitif dan gusi memiliki aliran darahnya. Karang gigi yang melekat pada gigi, posisinya akan mendorong dan masuk kedalam saku gusi. Jadi, otomatis gusi akan berdarah saat karang giginya terlepas. Bukan berarti gusimu dilukai scaler, lho.

Scaling gigi, ngilu atau sakit gak ya?

Minum air dingin saja, terkadang gigi bisa ngilu. Saat scaling, ngilu gigi mungkin akan sedikit muncul, apalagi untuk kamu yang baru pertama kali scaling. Tapi rasa ngilu ini masih bisa di toleransi kok! Yakin deh, alatnya memang terlihat tajam, tapi gak akan sakit seperti yang kamu bayangkan!

Kenapa gigi terlihat renggang setelah scaling ya?

Scaling gak akan mengikis gigi, namun hanya akan mengambil karang gigi yang melekat pada gigimu. Sebelum scaling, coba deh kamu mengaca, dan lihat kondisi gigi-gigimu. Karang gigi melekat dipermukaan gigi didekat gusi, juga di sela-sela gigi. Setelah scaling, sela-sela gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi, akan kembali bersih dan terlihat seakan-akan renggang. padahal itulah jarak gigi-gigimu yang sebenarnya. 

Scaling dilakukan normalnya setiap 6 bulan sekali, tergantung kondisi mulut dan kebiasaan seseorang. Jika sering mengkonsumsi kopi, teh, atau mungkin merasa kurang menjaga kebersihan gigi, lakukanlah setiap 3 bulan sekali. 

Setelah scaling, gigi akan terasa bersih, licin, ringan, nafas lebih segar, gusi berdarah menjadi sembuh, dan lebih percaya diri pastinya!  

Gimana, udah siap untuk rutin scaling dan punya mulut yang bersih dan sehat, Healthy People

Kembali ke Atas