Flakka Penyebab Zombie Masa Kini, Apa Sebenarnya Flakka?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Kamis, 10 Agustus 2017

Kisah Zombie sering diidentikkan dengan makhluk yang menakutkan, mematikan, dan pembuat masalah. Saat ini, zombie bisa diciptakan karena efek zombie bisa ditemukan pada orang-orang yang menggunakan narkoba jenis flakka. Flakka memang masih belum umum digunakan di Indonesia sebelumnya, tapi akhir-akhir ini sudah mulai banyak dicari dan digunakan. Selain itu, dunia pun menaruh perhatian serius pada pengguna Flakka karena beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh pengguna Flakka.

Lalu apa sebenarnya Flakka?

Flakka tergolong jenis narkoba yang paling berbahaya dikonsumsi saat ini. Pusat penyebaran Flakka berpusat di Florida, Alabama, Mississippi, dan Texas. Flakka terbuat dari alphaPHP, mirip dengan bath salts yang juga termasuk jenis narkoba paling berbahaya. Alfred Aleguas, PharmD, Managing Director Florida Poison Information Center, Tampa seperti dilansir webmd.com mengungkapkan flakka berbentuk seperti kristal putih kecil menyerupai kerikil. Flakka basanya dikonsumsi dengan cara mencampur dengan makanan atau minuman seperti teh, dihisap, disuntikkan, dimasukkan ke dalam, digunakan memakai rokok elektronik, dan dimasukkan ke dalam kapsul. Jeffey Bernstein, MD, Medical Director Florida Poison Information Center, Miami mengungkapkan cara disuntik mungkin bisa menjadi cara menjadi paling berbahaya karena flakka akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah kamu.

Bagaimana cara kerja di otak?

Bernstein mengatakan bahwa pengguna akan merasakan euforia berlebihan karena flakka langsung direspon oleh neurotransmitter di otak yaitu zat kimia otak seperti dopamin dan serotonin. Pengguna juga bisa gelisah berlebihan tingga selama beberapa jam.

Apa resiko lainnya?

Pengguna flakka akan sering berhalusinasi dan gak sadar dengan kenyataan atau kehidupannya. Pengguna juga merasa gak sadar terhadap hal-hal yang mereka lakukan, selalu paranoid, dan selalu agresif. Oleh karena itu, banyak kasus yang menunjukkan pengguna flakka yang berjalan di jalan sambil telanjang,  memukul mobil sepanjang jalan, tampak seperti orang gila dan bertingkah seperti zombie yang membuat kehancuran dimana-mana.

Bernstein juga mengatakan efek buruk terhadap kesehatan lainnya diantaranya

  • Denyut jantung jadi gak teratur

  • Tekanan darah tinggi

  • Kejang secara tiba-tiba

  • Peningkatan suhu tubuh secara ekstrem atau dikenal dengan sebutan hipertermia. Suhu tubuh pengguna bisa mencapai 108 derajat.

  • Kematian

Setelah mengetahui efek buruk tersebut, masih mau mengonsumsi flakka? Yuk, jauhi narkoba sekarang Healthy People!

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas