Hati-hati, 4 Tempat Sarang Kuman dan Bakteri di Rumahmu

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 19 Juli 2017

Mulai sekarang Healthy people harus berhati-hati untuk mengonsumsi makanan yang telah jatuh ke lantai karena kamu gak akan tahu apakah ada kuman yang menempel di makanmu itu. Selain lantai rumah, tanpa Healthy people sadari, ada 4 tempat sarang kuman dan bakteri di rumahmu, yaitu

Wastafel Dapur

Apakah kamu berpikir bahwa tempat terkotor adalah toilet? Faktanya, Eileen Abruzzo, Direktur Pengendalian Infeksi di Long Island College Hospital Brooklyn, New York mengatakan bahwa toilet lebih bersih dari wastafel dapur. Hal tersebut disebabkan bakteri makanan pada piring yang direndam atau dibilas dari piring akan berpindah ke wastafel dapur kamu loh lalu bakteri tu akan berkembang biak menjadi bakteri penyebab penyakit seperti E.coli dan salmonella yang menyebabkan tipes. Bakteri tersebut biasanya menyebar melalui tangan kamu lalu menempel pada makananmu. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan wastafel dapur mu sekali sehari menggunakan air dan biarkan airnya mengalir, lalu bilas tanganmu hingga bersih.

Sikat Gigi

Kamu menggunakan sikat gigi dua kali sehari, tapi apakah kamu pernah berpikir bahwa banyak bakteri dan kuman yang menempel pada sikat gigimu? Abruzzo seperti dilansir webmd.com mengatakan bahwa kuman dan bakteri mudah tumbuh dan berkembang biak di tempat yang lembab seperti sikat gigi mu. Oleh karena itu, mulai saat ini kamu harus menempatkan sikat gigi di tempat yang terkena udara dan tetap kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, Healthy people juga harus rutin mengganti sikat gigi.

Remote TV

Healthy People pasti berpikir kenapa harus remote TV? Remote TV adalah benda yang sering dijatuhkan ke lantai, diletakkan diantara bantal sofa, dan semua orang di rumah pasti pernah memegangnya. Abruzzo seperti dilansir webmd.com mengatakan kuman dari semua hal tersebut menempel pada remote TV. Heatlhy People bisa mencegah penularan bakteri dengan rutin mencuci tangan dan membersihkan remote TV menggunakan alkhohol.

Keyboard Komputer/Laptop

Sama seperti benda yang telah disebutkan di atas, keyboard komputer juga tempat bersarangnya kuman dan bakteri termasuk E.coli dan staph. Untuk mencegah perkembangbiakan bakteri, mulai sekarang, healthy people harus membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komputer/laptop, jangan pernah menjatuhkan remah-remah makanan pada keyboard, dan bersihkan keyboard secara rutin menggunakan tisu dan alkhohol secara perlahan.

 

 

 

sumber : webmd.com

Kembali ke Atas