Hati-hati Batu Ginjal Kalau Kamu Kurang Minum

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 5 Oktober 2017

Pernah gak sih kamu mendengar istilah batu ginjal? Atau saat ini kamu sedang terserang batu ginjal? Saat kamu mendengar istilah batu ginjal, jangan pernah berpikir bahwa ada sebuah batu di ginjal kamu. Batu ginjal terbentuk dari garam dan mineral dalam urin yang biasanya berupa kerikil kecil yang ukurannya bisa sekecil butiran pasir atau sebesar bola golf. Batu ginjal bisa tetap ada di dalam ginjal kamu atau keluar dari ginjal dan pindah ke organ lainnya melalui saluran kencing.

Batu ginjal terbuat dari garam dan mineral dalam urin yang menempel membentuk "kerikil kecil". Mereka bisa sekecil butiran pasir atau sebesar bola golf. Mereka mungkin tinggal di ginjal atau bepergian keluar dari tubuh Anda melalui saluran kencing.

Penyebab paling umum batu ginjal adalah kamu gak minum air dengan cukup. Tapi penyebab lainnya, salah satunya bisa disebabkan oleh penyakit bawaan. Jika salah satu anggota keluarga kamu mempunyai batu ginjal, maka kemungkinan besar kamu juga bisa mempunyai batu ginjal. Untuk pencegahannya kamu bisa membiasakan diri untuk minum air secukupnya sekitar 8 sampai 10 gelas per hari. Selain itu pola makan serta asam urat yang tinggi juga dapat membentuk asam urat.

Gejala umum batu ginjal adalah rasa sakit di ginjal yaitu di sisi perut kamu atau selangkangan. Tapi, ada beberapa kasus yang menemukan batu ginjal gak menimbulkan rasa sakit. Saat batu ginjal pindah ke organ tubuh lainnya, maka kamu juga bisa merasakan sakit dari ginjal ke kandung kemih. Gejala lainnya adalah urine kamu berubah warna merah.

Pengobatan batu ginjal bisa hanya dilakukan di rumah dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan melakukan perawatan medis. Dokter akan menyarankan perawatan di rumah jika batu ginjal hanya berukuran kecil. Perawatan medis dilakukan jika kamu merasakan sakit berlebihan di perut kamu. Rasa sakit tersebut bisa disebabkan oleh ukuran batu ginjal yang terlalu besar atau sedang bepindah ke organ tubuh lainnya. Ukuran batu ginjal yang terlalu besar akan dilakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan cara memecah batu ginjal tersebut menjadi potongan lebih kecil.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas