Hidup Dengan Orang Depresi, Ini Cara Mengatasinya

kamus penyakit
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 13 April 2017

Hai Healthy People, sebagian dari kita ada yang hidup dengan orang yang menderita depresi. Hidup dengan seseorang yang depresi memang gak gampang, tapi bukan berarti gak bisa dijalani. Kalau kmu hidup dengan seseorang yang mengalami depresi, kamu harus memahami bahwa depresi adalah penyakit yang dapat diobati, dan bukan kelemahan karakter.

Dukungan dari kamu, teman-teman dan keluarga akan memfasilitasi pemulihan dari depresi. Kesabaran dan ketekunan sangat diperlukan, karena pemulihan dapat memakan waktu, dan stres atau tekanan bisa membuat depresi bertambah parah. Ini dia caranya:

  1. Jelaskan kepada orang yang menderita depresi tersebut bahwa kamu ingin membantunya, mendengarkannya tanpa menghakimi, dan menawarkan dukungan untuknya.

  2. Selalu dukung dia untuk mencari bantuan dokter dan menawarkan untuk menemaninya saat berkonsultasi. Apabila dokter meresepkan obat, bantu dirinya untuk minum obat seperti yang ditentukan.

  3. Bersikap sabar, karena biasanya memakan waktu beberapa minggu untuk menjadi lebih baik. Bantu dirinya dalam mengerjakan tugas sehari-hari dan untuk mengatur pola makan dan tidur yang teratur.

  4. Ajak dia untuk olahraga teratur, ikut kegiatan sosial, dan untuk fokus pada hal yang positif, bukan negatif.

  5. Jangan tinggalkan dia sendirian jika dia ingin menyakiti diri atau melakukannya, carilah bantuan layanan darurat atau tenaga kesehatan dan sembunyikanlah obat, benda tajam dan senjata.

Yang pasti, ingat kesehatan diri kamu juga, cobalah untuk menemukan cara untuk bersantai dan terus melakukan hal-hal yang kamu nikmati, karena, ketika kamu hidup dengan seseorang yang depresi, kamu dapat membantu mereka pulih, tetapi kamu perlu memperhatikan diri kamu juga ya, Healthy People!                         

 

Kembali ke Atas