Ibu Hamil, Waspadai Radang Gusi

lifestyle
Oleh Drg. RM. Norman Tri Kusumo Indro - Rabu, 19 Juli 2017

Healthy people yang lagi hamil, kamu pasti mendambakan melahirkan anak yang sehat walafiat. Selain memperhatikan kesehatan bayi, kamu juga harus memperhatikan kesehatan kamu sendiri loh misalnya kesehatan gusi dalam mulut.

Pernahkan Healthy people mendengar ibu hamil yang mengalami gejala gigi berdarah saat menyikat gigi, gusi bengkak atau bahkan perdarahan spontan pada gigi?Apakah Healthy people juga mengalami gejala tersebut? Jika gak mendapatkan pengobatan sesegera mungkin, gejala tersebut bisa meningkatkan resiko kelahiran bayi premature hingga bayi lahir berat dengan badan rendah.

Hal tersebut terjadi karena konsentrasi dari hormon estrogen & progesteron meningkat saat hamil yang biasanya terjadi di bulan ke 2 dan ke 8. Fungsi hormon progesteron adalah menekan imunitas ibu hamil sehingga meningkatkan aliran darah pada gusi yang bisa memicu radang gusi, perdarahan saat menyikat gigi hingga perdarahan spontan pada gigi.

Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Healthy people bisa melakukan perawatan gusi dan gigi sejak dini atau pembersihan karang gigi sebelum hamil. Tujuannya adalah menghentikan perkembangan bakteri pada gusi dan gigi. Jika Healthy people telah hamil, maka kamu bisa konsultasi ke dokter gigi atau dokter spesialis periodontia untuk mendapatkan perawatan gusi dan gigi.

Kembali ke Atas