Kamu Cedera Pas Olahraga? Jangan Panik, Lakukan hal ini!

first aid
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 16 Juni 2017

Hai HealthyPeople, kamu pernah cedera pas olahraga? Atau mungkin orang-orang terdekat kamu pernah cedera? Masih bingung dengan cara penanganan yang tepat pas kamu sendiri atau orang terdekat kamu cedera? Ini nih yang boleh dan gak boleh kamu lakukan pas cedera. Please DO RICER and NO HARM !

DO RICER

R = REST

Jangan abaikan rasa nyeri yang timbul saat kamu berolahraga, Healthy People. Karena hal ini berarti tubuh memberikan sinyal agar mengurangi gerakan pada bagian tubuh yang sedang cidera. Untuk mencegah cedera yang lebih parah, sebaiknya segera istirahatkan tubuh kamu.

I = ICE

Segera kompres bagian tubuh yang terkilir menggunakan es batu atau air dingin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak agar pembuluh darah yang melebar menjadi tertutup.

C = COMPRESSION

Bebat bagian tubuh yang cedera menggunakan perban elastis atau balut bagian yang cedera bersamaan dengan es batu agar mengurangi pembengkakan. Jangan terlalu kecang dalam membalut bagian yang cedera. Usahakan ada ruang supaya pembuluh darah gak tersumbat.

E = ELEVATION

Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung kamu.

R = REFFERAL

Segera bawa ke rumah sakit atau fisioterapis terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

NO HARM

H = HEAT

Panas yang dimaksud adalah menggunakan balsem, minyak gosok, atau air panas dalam penanganan pasien cedera akan membuat pembuluh darah semakin melebar dan menambah pembengkakan.

A = ALCOHOL

Alkohol memiliki efek yang sama dengan balsem dan minyak gosok, yaitu menambah pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera.

R = RUNNING

Jangan melakukan gerakan apapun pada saat tubuh cedera. Sebaiknya istirahatkan tubuh agar recovery tubuh berjalan maksimal.

M = MASSAGE

Melakukan pijatan pada area tubuh yang cedera akan semakin meningkatkan aliran darah dan membuat kerusakan pada jaringan yang cedera sehingga menambah pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera.

Kembali ke Atas