Kamu Fobia Apa? Lihat Disini yuk!

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Selasa, 10 Oktober 2017

Fobia itu beda loh sama takut. Rasa takut melindungi kamu dari bahaya, sedangkan fobia gak ada hubungan dengan bahaya, atau sedikit berhubungan dengan bahaya. Kamu bisa aja merasa fobia dengan sesuatu yang gak berbahaya buat kamu. Fobia membuat kamu merasa takut dan gelisah berlebihan sehingga kamu gak bisa mengendalikan diri kamu sendiri. Kira-kira kamu fobia apa ya?

  1. Agora berasal dari bahasa Yunani yang artinya pasar. Kamu yang menderita Agoraphobia merasa takut berada di tempat keramaian seperti antrian bank. Perempuan biasanya lebih muda menderita Agoraphobia dibanding pria.

  2. Social phobia beda loh dengan pemalu. Social phobia bisa membuat kamu merasa cemas dan takut untuk tampil di depan umum. Kamu takut apakah tindakan kamu uda benar atau gak, merasa cemas apakah orang lain suka dengan kamu atau gak, dan kamu kesulitan untuk berbicara saat kamu ditunjuk untuk berbicara di depan umum. Hal tersebut bisa berdampak negatif pada kehidupan sosial dan karir kamu.

  3. Claustrophobia artinya takut berada di ruangan tertutup. Kamu yang menderita Claustrophobia gak bisa naik lift atau jalan di terowongan yang gelap. Kamu akan merasa seolah-olah terjebak atau tercekik saat berada di ruangan yang tertutup.

  4. Zoophobia adalah jenis fobia yang paling umum ditemukan di masyarakat. Zoophobia artinya kamu takut pada hewan tertentu seperti laba-laba, ular, burung, ataupun lebah. Hal ini bisa disebabkan kamu mempunyai pengalaman buruk dengan hewan-hewan tersebut di masa lalu.

  5. Brontophobia adalah takut pada petir. Kamu tahu kalau petir gak berbahaya dan gak kan menyakiti kamu, tapi kamu selalu menolak untuk keluar rumah saat mendengar petir.

  6. Acrophobia adalah fobia ketinggian. Kamu merasa takut saat berada di tempat yang tinggi, naik tangga, sehingga kamu pun sulit untuk turun dari tempat yang tinggi.

  7. Aerophobia adalah fobia terbang. Hal ini bisa disebabkan kamu punya pengalaman traumatis saat naik atau melihat pesawat terbang secara langsung maupun melalui televisi.

  8. Blood-Injection-Injury Phobias bisa dibedakan jadi hemofobia yaitu fobia darah dan trynophonia yaitu fobia jarum suntik. Kamu bisa pingsan saat melihat darah atau jarum suntik.

  9. Paranormal Fears adalah kumpulan fobia yang bisa dikerenakan melihat channel menakutkan di televisi. Triskaidekaphobia yaitu fobia pada angka 13 karena TV menyiarkan kalau angka 13 selalu berhubungan dengan hal mistis. Phasmophobia takut berlebihan akan hantu. Chiroptophobia adalah ketakutan berlebih mengenai vampir, sehingga begitu takut ketika melihat kelelawar.

Uda tahu kamu fobia apa?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas